5 Fakta Kasus Kanker Serviks yang Mengancam Nyawa Wanita

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

5 Fakta Kasus Kanker Serviks yang Mengancam Nyawa Wanita

5 Fakta Kasus Kanker Serviks yang Mengancam Nyawa Wanita

KEPONEWS.COM - 5 Fakta Kasus Kanker Serviks yang Mengancam Nyawa Wanita JUMLAH penderita kanker serviks semakin tahun bertambah. Di samping itu, ada banyak faktanya yang harus Anda tahu.Karena kanker serviks dapat dicegah dengan melakukan skrining test di semua fasilitas...

JUMLAH penderita kanker serviks semakin tahun bertambah. Di samping itu, ada banyak faktanya yang harus Anda tahu.

Karena kanker serviks dapat dicegah dengan melakukan skrining test di semua fasilitas kesehatan. Berikut rangkuman lima faktanya yang dirangkum Okezone, Selasa 11 April 2017.

Kasus kematian per tahun

Ketua Umum Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia Prof Andrijono, SpOG(K) mengungkapkan, kanker serviks mengancam 228 per 100.000 penduduk di Indonesia. Juga, berdasarkan Data Globocan sekira 7.800 orang meninggal dunia yang akan terjadi penyakit penyakit mematikan itu.

Disebabkan virus HPV

Kanker serviks terjadi bukan tanpa karena. Wanita yang mengalaminya karena pernah terpapar virus HPV dari kontak seksual, benda-benda yang sering dipegang, dan cara lain yang seharusnya dapat dihindari.

Bisa dicegah dengan vaksin

Vaksin HPV juga telah terbukti mencegah penularan penyakit kanker serviks. Dengan melakukan vaksin, dapat membantu menurunkan angka kejadian dan kematian yang akan terjadi kanker serviks.

"Vaksin HPV sudah tersedia di semua fasilitas kesehatan. Semenjak usia anak sekolah, vaksin HPV sudah dapat diberikan. Efikesinya malah lebih ampuh menangkal dengan dua kali dosis," kata Prof Andrijono.

Penyakit kanker terbanyak kedua

Kanker serviks merupakan penyakit kanker nomor dua terbanyak yang dialami wanita di Indonesia, setelah kanker payudara. Penyakit ini ditemukan pada satu dari 1.000 wanita, dengan angka kematian 80 persen per tahun.

Skrining kanker serviks

Selain melakukan vaksin HPV, wanita juga harus melakukan pap smear dan IVA test. Skrining ini menjadi salah satu cara deteksi dini agar tak terlambat mendapatkan terapi kalau terdeteksi penyakit kanker serviks.

5 Fakta Kasus Kanker Serviks yang Mengancam Nyawa Wanita

Comments