5 Cover Album Musisi Lokal Paling kontroversial, Ada Yang Di Anggep Melecehkan Agama Juga Gengs!

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

5 Cover Album Musisi Lokal Paling kontroversial, Ada Yang Di Anggep Melecehkan Agama Juga Gengs!

5 Cover Album Musisi Lokal Paling kontroversial, Ada Yang Di Anggep Melecehkan Agama Juga Gengs!

KEPONEWS.COM - 5 Cover Album Musisi Lokal Paling kontroversial, Ada Yang Di Anggep Melecehkan Agama Juga Gengs! Sampul atau cover album musisi lokal merupakan sebuah identias dari sebuah musisi. Bila musisi tersebut belum memiliki nama, maka sampul album bisa dijadikan acuan bagaimana isi materi dari albu...

Sampul atau cover album musisi lokal merupakan sebuah identias dari sebuah musisi. Bila musisi tersebut belum memiliki nama, maka sampul album bisa dijadikan acuan bagaimana isi materi dari album tersebut. Selain bertugas sebagai penyambung identitas musisi, cover album bisa dijadikan sarana penyampai pesan yang tersembunyi yang hendak disampaikan oleh musisi tersebut.

Bahkan tak jarang, cover album juga menjadi hal kontroversi bagi sebagian orang. Di Indonesia sendiri, ada beberapa musisi yang pernah mengeluarkan cover album paling nyeleneh. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1. Dewa 19 Self Tittled

Cover Album Musisi Lokal

shecacing.blogspot.co.id

Debut album perdana dari Dewa 19 memancing kontroversi tatkala Dhani Cs menyematkan pyramid pada sisi depan cover. Pyramid sendiri kerap dianggap sebagai simbol dari freemason.

2. Dewa Cintailah Cinta

Cover Album Musisi Lokal

wikimedia.org

Pasca kontroversi di album pertama, Dewa kembali menuai hal serupa lewat sampul album Cintailah Cinta. Disana, Dewa meletakan satu mata yang seakan menyorot tajam. Simbol mata sendiri merupakan salah satu symbol yang kerap diidentikan dengan gerakan freemason.

3. Dewa Laskar Cinta

jasabikin-website.blogspot.com

Album ini sempat heboh karena menggunakan salah satu simbol ketuhanan. Tak hanya digunakan sebagai cover album, simbol tersebut juga dicetak sebagai karpet diletakan di kamar mandi. Puncaknya, album dengan hits seperti pangeran cinta satu dan cinta gila ini mendapatkan cekalan dan boikot dari salah satu ormas keagamaan.

4. Iwan Fals - Manusia Setengah Dewa

Cover Album Musisi Lokal

mediapijar.com

Nama Iwan Fals kerap dianggap sebagai hero karena hampir sebagian besar lagu yang diciptakanya merupakan bentuk perlawanan terhadap ketidakadilan rezim pemerintah. Iwan bisa membuat lirik yang kuat, mudah diingat dan sing a long-able. Terlepas dari itu semua, salah satu album Iwan Fals yang dirilis pada pertengahan 2000an menuai kritikan pedas.

Pasalnya salah satu Komunitas Hindu di Indonesia, Forum Intelektual Muda Hindu Dharma (FIMHD) menilai cover album Manusia Setengah Dewa menyematkan gambar Dewa Wisnu dan menganggap hal tersebut tak seharusnya dilakukan. Untungya, FIMHD tak sampai membawa perkara ini ke jalur hukum.

5. Slank Virus

Cover Album Musisi Lokal

slank.com

Pasca mengalami pergantian formasi, adiksi narkoba dan permasalahan internal lainnya, Slank bangkit kembali ke permukaan. Band rock n roll terbersar di tanah air tersebut langsung melesat melalui album Mata Hati Revormasi dan dilanjutkan dengan album Virus. Namun pada judul album terakhir Slank menempatkan foto perempuan yang hampir topless di album tersebut.

Cover yang merupakan ide Kaka tersebut bisa dibilang cukup brilian karena semakin menguatkan citra slank yang sebagai band yang ugal-ugalan dan semau. Meskipun begitu, penempatan cover tersebut sudah tentu mematik pro dan kontra di kalangan masyarakat.

Comments