5 Cara tepat menyimpan telur supaya tahan lama

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

5 Cara tepat menyimpan telur supaya tahan lama

5 Cara tepat menyimpan telur supaya tahan lama

KEPONEWS.COM - 5 Cara tepat menyimpan telur supaya tahan lama foto ilustrasi: freepik.com Telur merupakan salah satu bahan makanan yang nampaknya wajib ada di kulkas setiap rumah. Selain praktis untuk dimakan dan dikonsumsi...
5 Cara tepat menyimpan telur supaya tahan lama foto ilustrasi: freepik.com

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang nampaknya wajib ada di kulkas setiap rumah. Selain praktis untuk dimakan dan dikonsumsi, telur juga merupakan bahan pangan yang mengandung gizi seperti protein, lemak, vitamin, dan mineral untuk kebutuhan tubuh.

Sudah menjadi rahasia umum jikalau telur sangat baik dikonsumsi saat sarapan, untuk menambah energi agar dapat beraktivitas seharian. Selain itu, banyak sekali vitamin yang dimiliki telur juga baik untuk menjaga kesehatan tulang, lho.

Di samping itu, telur juga tinggi antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari banyak sekali macam penyakit. Sehingga, baik untuk mengonsumsi telur secara rajin agar tubuh tetap sehat dan kuat. Agar dapat mengonsumsi secara rajin, perlu untuk memperhatikan cara menyimpan telur yang benar.

Memang, telur mempunyai masa simpan yang relatif lama, apalagi jikalau menyimpannya di dalam kulkas. Namun, ada juga beberapa hal lain yang perlu kamu perhatikan saat menyimpan telur di rumah. Berikut lima cara tepat menyimpan telur supaya tahan lama seperti dilansir Brilio Food dari banyak sekali sumber pada Selasa (15/6).

1. Bersihkan terlebih dahulu.

5 Cara tepat menyimpan telur    freepik.com

foto: freepik.com

Kalau kamu membeli telur di pasaran tanpa kemasan, kamu bisa membersihkannya terlebih dahulu. Karena, kotoran yang menempel pada cangkang dapat berisiko mempunyai bakteri yang bisa masuk ke dalam telur. Cangkang telur mempunyai pori-pori, sehingga bakteri bisa mudah masuk dan membuat telur cepat membusuk.

Kamu bisa mencucinya memakai air hangat. Cukup bersihkan sebentar dan keringkan, kemudian simpan di dalam kulkas. Namun, sebenarnya mencuci telur tidak begitu disarankan, apalagi jikalau kamu membeli telur di pasar swalayan yang sudah dibungkus sedemikian rupa memakai kemasan.

2. Simpan dengan kemasan karton.

5 Cara tepat menyimpan telur    freepik.com

foto: freepik.com

Sejumlah telur ada yang dijual memakai karton. Nah, karton tersebut jangan buru-buru dibuang, ya! Telur yang disimpan memakai karton tersebut bisa tahan lama, lho. Karton bisa mencegah telur kehilangan air dan bisa melindungi rasa telur agar tidak berubah.

Seperti yang dilansir dari American Egg Board melalui laman incredibleegg.org, menyimpan telur di dalam kulkas bersama dengan kartonnya, bisa menjaga kualitas telur hingga empat sampai lima minggu. Lumayan lama, bukan?

3. Hindari menaruh telur berdekatan dengan bahan makanan lain.

5 Cara tepat menyimpan telur    freepik.com

foto: freepik.com

Bahan makanan lain yang mempunyai aroma menyengat sebaiknya disimpan di dalam wadah tersendiri dan tertutup, karena aromanya bisa memengaruhi telur. Telur pun bisa cepat membusuk dan tidak bisa dikonsumsi lagi.

Di samping itu, bahan makanan yang tidak ditutup saat disimpan di dalam kulkas juga bisa menyebabkan bau tidak sedap menempel dalam jangka waktu yang lama pada kulkas.

4. Menyimpan telur di bagian dalam kulkas.

5 Cara tepat menyimpan telur    freepik.com

foto: freepik.com

Pada kulkas terdapat rak khusus telur di bagian pintu. Namun, ternyata bagian tersebut dianggap kurang ideal untuk menyimpan telur, lho. Karena, telur akan mudah mengalami perubahan suhu setiap kali pintu kulkas dibuka. Sehingga, akan lebih baik menyimpan telur di bagian dalam kulkas di bawah suhu 20 derajat celcius.

5. Tidak masalah bila ingin menyimpannya di suhu ruang.

5 Cara tepat menyimpan telur    freepik.com

foto: freepik.com

Kamu tetap bisa menyimpan telur di suhu ruang, walaupun jadinya tidak akan seawet telur yang disimpan di dalam kulkas. Sebelumnya, pastikan dulu kalau telur tidak berusia lebih dari empat minggu.

Selain itu, pastikan juga menyimpan telur memakai rak khusus atau karton, sehingga telur dapat diletakkan dengan posisi yang lebih runcing menghadap ke bawah.

Meletakkan telur dengan posisi tersebut penting agar kantong udara yang berada di bagian tumpul tetap berada di atas, sehingga tidak akan menekan isi telur dan merusaknya.

(red)

Comments