5 Cara menyimpan tempe agar tahan lama, tanpa kulkas

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

5 Cara menyimpan tempe agar tahan lama, tanpa kulkas

5 Cara menyimpan tempe agar tahan lama, tanpa kulkas

KEPONEWS.COM - 5 Cara menyimpan tempe agar tahan lama, tanpa kulkas foto: Instagram/@camamijot Meski termasuk menu sederhana, tapi tempe jadi bahan makanan yang nggak pernah kehilangan penggemar. Makanan satu ini bisa dibilang me...
5 Cara menyimpan tempe agar tahan lama, tanpa kulkas foto: Instagram/@camamijot

Meski termasuk menu sederhana, tapi tempe jadi bahan makanan yang nggak pernah kehilangan penggemar. Makanan satu ini bisa dibilang menu merakyat yang jadi favorit semua kalangan. Dimasak dengan cara apa saja, tempe nggak pernah gagal jadi makanan favorit rumahan yang menarik hati.

Termasuk makanan favorit, tempe selalu jadi bahan masakan yang distok di rumah. Tapi menyimpan tempe terkadang membawa problem tersendiri, apalagi jikalau tidak punya lemari es. Tak sedikit yang khawatir kalau tempe nggak bisa bertahan lama.

Nggak perlu khawatir lagi. Pasalnya, ada banyak tips buat bikin tempe tahan lama meski nggak pakai kulkas. Berikut Brilio Food lansir dari banyak sekali sumber, lima cara menyimpan tempe agar tahan lama tanpa kulkas (18/6).


1. Jangan sampai tempe terkena air.

cara menyimpan tempe    berbagai sumber

foto: Instagram/@camamijot

Cara pertama yang harus kamu lakukan merupakan untuk menjaga tempe agar tidak terkena air. Kamu bisa menyimpan tempe pada wadah yang benar-benar kering. Kalau tempe terkena air akan menyebabkannya cepat membusuk.


2. Taburi garam.

cara menyimpan tempe    berbagai sumber

foto: freepik.com

Cara kedua menyimpannya di dalam wadah tertutup. Dalam wadah tersebut kamu bisa menaburi garam di sekitar tempe. Garam berfungsi untuk membantu menghambat ragi yang bekerja sebagai proses fermentasi.


3. Jangan potong tempe.

cara menyimpan tempe    berbagai sumber

foto: Instagram/@roemahtempeh

Selanjutnya, bila ingin menyimpan tempe agar lebih awet sebaiknya jangan memotongnya. Simpan tempe dalam wadah tertutup secara utuh. Tempe yang dipotong akan membuat permukaannya berkerut.


4. Pilih tempe yang berbobot.

cara menyimpan tempe    berbagai sumber

foto: Instagram/@elfirapu

Salah satu hal yang diperhatikan agar tempe tidak mudah busuk ialah dengan membeli tempe berbobot. Kalau sembarangan dalam memilih kualitas tempe akan menyebabkan pembusukan lebih cepat. Selain itu pilihlah tempe dengan bungkus plastik.


5. Simpan dalam plastik.

cara menyimpan tempe    berbagai sumber

foto: Instagram/@kristina.nini23

Cara terakhir merupakan dengan memasukkan tempe dalam plastik kedap udara. Setelah itu, tutup plastik secara rapat-rapat. Cara ini akan membuat tempe bertahan lebih lama.

(red)

Comments