5 Cara Mengatasi Bibir Hitam, dari yang Alami hingga Medis

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

5 Cara Mengatasi Bibir Hitam, dari yang Alami hingga Medis

5 Cara Mengatasi Bibir Hitam, dari yang Alami hingga Medis

KEPONEWS.COM - 5 Cara Mengatasi Bibir Hitam, dari yang Alami hingga Medis Bibir yang gelap atau hitam bisa menjadi masalah nyata, terutama pada wanita. Tak jarang cara mengatasi bibir hitam yang paling instan dipilih, yaitu dengan mengoleskan lipstik untuk menyembunyikannya...

Bibir yang gelap atau hitam bisa menjadi masalah nyata, terutama pada wanita. Tak jarang cara mengatasi bibir hitam yang paling instan dipilih, yaitu dengan mengoleskan lipstik untuk menyembunyikannya. Tapi tentu saja hal itu tidak efektif untuk jangka panjang.

Salah satu alasan paling umum untuk bibir menghitam merupakan merokok. Tapi itu tak selalu, bibir menghitam juga bisa disebabkan oleh hiperpigmentasi, ketika kulit memproduksi melanin ekstra.

Hiperpigmentasi pada bibir dapat terjadi karena dehidrasi atau bahkan minum kopi dalam jumlah berlebihan.

Di sisi lain, berada di bawah sinar matahari terlalu lama atau bahan kimia yang ada dalam lipstik atau pasta gigi (fluoride) juga dapat menyebabkan bibir menjadi gelap.

4 Tips Cegah Bibir Kering agar Selalu Lembap dan Sehat

Bila Kamu mempunyai kondisi ini, yuk coba lima cara mengatasi bibir hitam berikut, dirangkum dari laman Skinkraft.

1. Memakai pelembap

Produk pelembap seperti lip balm yang mengandung gliserin bisa membuat bibir tetap kenyal dan halus. Gliserin juga bisa menjadi langkah preventif untuk bibir pecah-pecah dan mengelupas, di mana kondisi ini bisa menggelapkan warna bibir.

Gunakan lip balm saat Kamu bibir terasa kering. Gunakan beberapa kali sehari kalau perlu.

Ilustrasi penggunaan Lip Balm pada bibir (Unsplash)Ilustrasi penggunaan Lip Balm, cara mengatasi bibir hitam. (Unsplash)

2. Memakai sun block

Bocah 6 Tahun Ini Punya Koleksi Lip Balm Terbanyak, Jumlahnya Lebih dari 3.000

Mengoleskan sun block pada kulit wajah sangat penting, tak terkecuali pada bibir. Pastikan Kamu memakai lip balm yang mengandung SPF terutama ketika berada di luar rumah. Ini untuk mencegah paparan sinar UV matahari yang menyebabkan hiperpigmentasi.

3. Pijat dengan minyak zaitun

Rajin memijat lembut bibir dengan minyak zaitun extra virgin atau minyak almond dapat meningkatkan sirkulasi darah ke area tersebut dan memberi mereka rona merah muda yang lebih sehat daripada warna gelap.

Pijat bibir Kamu dengan salah satu minyak ini empat atau lima kali dalam seminggu untuk hasil terbaik dan cepat.

Mengatasi bibir hitam (shutterstock)cara mengatasi bibir hitam, eksfoliasi. (shutterstock)

4. Eksfoliasi bibir

Untuk mencerahkan warna bibir, Kamu bisa menggosoknya dengan lembut memakai eksfoliator untuk menghilangkan kulit mati. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan sedikit madu dan gula pasir atau membeli produk scrub bibir.

5. Melakukan treatment medis

Jikalau empat cara tersebut sudah ditempuh tapi tidak memberi perubahan signifikan, perawatan medis bisa dipilih. Kini sudah banyak perawatan laser untuk bibir, di mana bisa mengendalikan enzim yang bertanggung jawab untuk produksi melanin. Cara ini tentunya memberi hasil permanen dan tentunya aman.

Namun perawatan ini dapat menyebabkan efek samping seperti jaringan parut, iritasi kulit dan bahkan kerusakan saraf. Menurut para ahli, formulasi pencerah kulit mungkin mengandung merkuri sebagai bahan yang dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Jadi pilih tempat treatment yang terpercaya.

Itulah lima cara mengatasi bibir hitam yang bisa Kamu terapkan. Semoga berita ini bermanfaat!

Comments