5 Cara Kurangi Risiko Kena Kanker, Salah Satunya Kurangi Makan Sate!

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

5 Cara Kurangi Risiko Kena Kanker, Salah Satunya Kurangi Makan Sate!

5 Cara Kurangi Risiko Kena Kanker, Salah Satunya Kurangi Makan Sate!

KEPONEWS.COM - 5 Cara Kurangi Risiko Kena Kanker, Salah Satunya Kurangi Makan Sate! Kanker ialah penyakit yang mematikan, penyakit ini dapat menimpa semua orang, pada setiap bagian tubuh, dan pada semua gologan umur. Namun kanker lebih sering menimpa orang yang berusia 40-an. (Foto...

Kanker ialah penyakit yang mematikan, penyakit ini dapat menimpa semua orang, pada setiap bagian tubuh, dan pada semua gologan umur. Namun kanker lebih sering menimpa orang yang berusia 40-an.

Kanker

(Foto: Bioanalysis zone)

Penyebab kanker biasanya tidak dapat diketahui secara pasti karena penyebab kanker dapat merupakan gabungan dari sekumpulan faktor genetik dan lingkungan. Namun tahukah Kamu kebiasaan sehari-hari yang mungkin sering Kamu lakukan ternyata dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Berikut 5 cara mengurangi resiko kanker:

1. Hindari asap kendaraan

Bensin, gas buang solar mengandung unsur CO, CO2, HC (hidrokarbon), zat-zat berbahaya ini menjadi pemicu terjadinya kanker pada tubuh manusia. Zat kimia dalam solar merupakan promoting factor (zat promosi) untuk mengaktifkan sel kanker dalam paru-paru atau kulit. Untuk menghindarinya, gunakanlah masker saat berkendara roda dua. Bagi mereka yang merasa sering terpapar dengan asap kendaraan, dianjurkan untuk mengubah kebiasaan hidup seperti memperbanyak olahraga.

2. Kurangi minuman bersoda

Zat 4-methylimidazole (4-MEI) yang memberi warna pada soda merupakan bahan berbahaya dan dapat menyebabkan kanker paru-paru dan leukemia bila dikonsumsi secara berlebihan. Setelah berolahraga atau melakukan aktivitas berat lainnya, disarankan untukl mengkonsumsi air putih lebih banyak karena dapat memberikan manfaat ketimbang soda. Air putih bisa meredakan dehidrasi secara instan dan tidak memberikan efek samping.

3. Hindari sering makan sate

Pernah makan sate gosong? jikalau iya, kurangi sekarang juga! Karena gosong pada makanan ini mengandung banyak atom karbon, yang dalam jumlah besar bisa memicu timbulnya kanker (karsinogenik). Bahan karsinogen ini dapat mengakibatkan munculnya banyak sekali jenis kanker seperti kanker prostat. Selain gosong pada sate, lemak daging yang menetes ke arang atau alat pemanas pada saat proses pembakaran dapat menimbulkan asap yang mengandung PAH. Asap yang menempel pada daging inilah yang bisa memicu kanker. Untuk menghindari resiko kanker, jangan terlalu sering makan sate atau makan makanan yang dibakar.

Selanjutnya

Comments