5 Cara Ampuh Atasi Kecemasan di Tengah Pandemi Covid-19

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

5 Cara Ampuh Atasi Kecemasan di Tengah Pandemi Covid-19

5 Cara Ampuh Atasi Kecemasan di Tengah Pandemi Covid-19

KEPONEWS.COM - 5 Cara Ampuh Atasi Kecemasan di Tengah Pandemi Covid-19 Kecemasan atau ketakutan secara beerlebihan akan berdampak buruk terhadap kesehatan dan mental seseorang. Hal ini dikarekan beberapa faktor misalnya cemas karena pandemi Covid-19, tekanan pekerjaan ya...

Kecemasan atau ketakutan secara beerlebihan akan berdampak buruk terhadap kesehatan dan mental seseorang. Hal ini dikarekan beberapa faktor misalnya cemas karena pandemi Covid-19, tekanan pekerjaan yang menumpuk, masalah keluarga dan lainnya.

Dilansir dari laman Mental Health, berikut ini lima hal yang harus kamu lakukan ketika sedang cemas karena pandemi Covid-19.

cuci tangan

1. Jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan

Mematuhi protokol kesehatan seperti jaga jarak, pakai masker, dan sering mencuci tangan pakai sabun bisa mengurangi kecemasan karena pandemi Covid-19. Karena dengan menjaga kesehatan dan kebersihan, potensi kita terkena Covid-19 turun.

2. Minta bantuan medis

Bila kamu tidak bisa mengatasinya sendiri, ketika sedang mengalami kecemasan karena pandemi ini, maka kamu memerlukan bantuan medis atau dokter. Bicarakan derita yang sedang kamu alami, kemudian tanya solusinya. Bisa saja mendaptkan terapi, dan perawatan lainnya.

2. Lawan rasa cemas dalam diri

Memang sulit untuk mengatasi rasa cemas yang terjadi kepada diri sendiri. Namun jikalau kamu merasa sendiri dan tidak ada yang bisa membantu meredakan rasa cemasmu, coba lawan. Yakinkan bahwa kamu bisa melewatinya. Kemudian hindari hal-hal yang dapat membuat rasa cemas itu datang. Misalnya tak perlu terus-menerus memantau korban Covid-19 yang terus merangkak naik. Alasannya adalah ini akan memperparah rasa cemasmu.

Waspada, Ini 7 Gejala Bila Seseorang Terinfeksi Covid-19

3. Kenali diri sendiri

Cobalah untuk mempelajari lebih lanjut perihal ketakutan atau kecemasanmu. Buatlah buku harian kecemasan atau catatan pikiran untuk dicatat, kapan itu terjadi dan apa yang terjadi.

Kemudian kamu dapat mencoba menetapkan tujuan kecil yang dapat dicapai untuk menghadapi ketakutan atau kecemasan selama ini. Hal ini bisa menjadi cara yang efektif untuk mengatasi keyakinan yang mendasari kecemasan selama pandemi ini.

Selanjutnya

Comments