5 Camilan Populer Ini Ternyata Tinggi Karbohidrat Lho

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

5 Camilan Populer Ini Ternyata Tinggi Karbohidrat Lho

5 Camilan Populer Ini Ternyata Tinggi Karbohidrat Lho

KEPONEWS.COM - 5 Camilan Populer Ini Ternyata Tinggi Karbohidrat Lho KARBOHIDRAT merupakan makronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh karena merupakan bahan bakar penghasil energi. Oleh karenanya, sejumlah ahli menyarankan agar masyarakat tidak menghindari konsumsi karboh...

KARBOHIDRAT merupakan makronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh karena merupakan bahan bakar penghasil energi. Oleh karenanya, sejumlah ahli menyarankan agar masyarakat tidak menghindari konsumsi karbohidrat. Seperti yang diketahui, tak sedikit orang yang menghindari karbohidrat karena takut berat badannya bertambah.

Padahal, kekurangan karbohidrat dapat membawa sejumlah masalah. Sebut saja kurang fokus, mudah lelah, dan menyebabkan bau mulut. Tapi sebaliknya, kelebihan karbohidrat juga tidak dianjurkan. Alasannya adalah apabila karbohidrat yang dibakar terlalu banyak, maka tubuh akan kelebihan energi. Kelebihannya kemudian disimpan sebagai cadangan berupa lemak yang bisa mengakibatkan obesitas.

Sayangnya, kini di tengah masyarakat beredar jajanan atau camilan yang kandungan karbohidratnya sangat tinggi dan cukup menjadi favorit. Tentu kondisi ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Untuk mencegah konsumsi berlebihan, masyarakat harus mengetahui jumlah kandungannya.

(Minuman Bir Ini Dibuat dari Roti Sisa, Mau Coba?)

Berikut daftar camilan atau jajanan tinggi kalori yang telah dirangkum Okezone, Sabtu (13/10/2018):

Mango sticky rice

(Foto: Asianinspirations)

Makanan yang satu ini cukup menjadi favorit bagi banyak orang. Biarpun porsinya sedikit, kandungan karbohidrat dalam mango sticky rice cukup tinggi. Seperti yang diketahui, salah satu bahan pembuat makanan ini ialah beras ketan. Satu porsi mango sticky rice mengandung 267 kkal dimana 54% di antaranya merupakan karbohidrat.

Mochi Jepang


(Foto: Youcojapan)

Sama seperti mango sticky rice, mochi Jepang juga terbuat dari beras ketan. Beras akan ditumbuk hingga lembut dan lengket kemudian dibentuk menjadi bulat. Sebanyak 100 gram beras ketan mengandung 21 gram karbohidrat. Apabila mochi dicampur dengan tepung sagu atau kacang seperti di Indonesia, tentu kandungan karbohidratnya akan lebih tinggi.

(3 Kedai Mi di Bandung yang Bikin Kamu Ketagihan!)

Singkong Thailand

(Foto: Cookpad)

Makanan bercita rasa manis ini juga sering dikonsumsi. Cara membuatnya ialah merebus singkong kemudian biasanya ditambahkan dengan santan, keju, susu kental manis. Dalam 100 gram singkong biasanya mengandung 34 gram karbohidrat. Sedangkan keju dan susu masing-masing biasanya mengandung 5 gram dan 1,2 gram karbohidrat. Bisa dibayangkan sendiri jumlah karbohidrat yang terkandung di dalam singkong Thailand.

Jasuke

(Foto: Travelingyuk)

Jajanan yang satu ini cukup menjadi favorit anak-anak. Campuran jagung, susu, dan keju otomatis membuat makanan ini bisa tinggi karbohidrat. Karena dalam 100 gram jagung terdapat 74 gram karbohidrat. Sedangkan pada susu dan keju masing-masing 1,2 gram dan 5 gram karbohidrat.

Thai Tea

(Foto: woodandskillet)

Minuman yang tengah populer ini diketahui mengandung kalori yang cukup tinggu yaitu 369 kkal. Terbuat dari campuran susu dan teh, 66% kandungan Thai tea merupakan karbohidrat. Sangat tinggi bukan?

(tam)

Comments