5 Bahaya Mengancam Pengendara Motor Setelah Hujan Deras

Otomotif

News / Otomotif

5 Bahaya Mengancam Pengendara Motor Setelah Hujan Deras

5 Bahaya Mengancam Pengendara Motor Setelah Hujan Deras

KEPONEWS.COM - 5 Bahaya Mengancam Pengendara Motor Setelah Hujan Deras Pengendara motor cenderung akan lebih berhati-hati ketiga riding saat hujan. Karena, hujan deras mengganggu pandangan dan membuat jalanan menjadi licin. Namun, setelah hujan deras selesai dan jalan su...
Loading...

Pengendara motor cenderung akan lebih berhati-hati ketiga riding saat hujan. Karena, hujan deras mengganggu pandangan dan membuat jalanan menjadi licin.

Namun, setelah hujan deras selesai dan jalan sudah mulai mengering, masih ada banyak bahaya di jalan. Hal ini harus disadari dan diketahui pengendara motor agar selamat sampai tujuan.

Dilansir dari Motorbike Writer, Selasa 25 februari 2020, ada 5 bahaya yang mengancam pengendara motor saat berkendara setelah hujan deras. Terutama saat jalan yang dilaluinya dalam keadaan kosong.

Saran terbaik untuk mencegah bahaya ini ialah mengantisipasi, memperlambat laju motor dan mengembangkan skil riding, pengereman dan metode menghindar dari halangan di jalan yang dihadapi.

1. Terlalu percaya diri

Ilustrasi mengendarai motor saat hujan.

Setelah hujan deras, jalan memang cenderung kosong dan bersih dari debu ataupun minyak yang tumpah. Momen itulah yang membuat banyak pengendara menggeber motornya dengan kecepatan tinggi.

Hal itu sah-sah saja. Namun, harus disadari terlalu percaya diri bisa jadi bahanya nyata bagi pengendara, baik di jalan aspal maupun tanah.

2. Kerikil dan lobang

Jalan berlubang di Jakarta Utara

Hujan dapat mencuci jalan termasuk juga kerikil dan debu atau lapisan aspal yang ada. Kerikil yang tidak melekat di jalan bisa menjadi bahaya jikalau Kamu tidak hati-hati dalam pengereman, terutama pada kontur jalan tikungan yang menurun.

Selain itu perlu disadari, derasnya hujan yang terus menghantam jalanan berisiko membuat jalanan jadi rusak dan berlobang. Hal ini pun perlu diantisipasi.

Hindari Banjir Jakarta Motor Boleh Lewat 3 Ruas Tol

Warga serang AEON Mall JGC Cakung.

Korban Banjir Jakarta Mengamuk, AEON Mall Cakung Diserang

Ilustrasi Sekolah Terendam Banjir

Jakarta Banjir, Berikut Daftar Sekolah yang Terpaksa Diliburkan

Banjir di Jalan Arteri motor boleh masuk Tol

Hindari Banjir Jakarta Motor Boleh Lewat 3 Ruas Tol

Genangan air setinggi 100 cm di Jl. Karet H.Abdul Jalil, Jakarta Pusat

Situasi Terkini Banjir Ibu Kota Jakarta, Genangan Air Hingga 100 Cm

Korosi pada aki mobil.

Hati-hati Cabut Aki Saat Mobil Kebanjiran, Ini Caranya

Garasi rumah Edy Supono atau lebih dikenal sebagai Parto Patrio

Mobil Terjebak Banjir di Garasi, Penting untuk Lakukan Ini

3. Penyeberang jalan

Warga menyebrang menggunakan fasilitas Pedestrian Light Controlled Crossing (Pelican Crossing) di Halte GBK, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta, Kamis, 22 November 2018.

Penyeberang jalan yang dimaksud bisa manusia ataupun hewan. Alasannya adalah, hujan deras yang terjadi memaksa mereka mencari tempat berteduh sementara menunggu hujan selesai.

Hal ini bisa menjadi bahaya ketika saat hujan selesai mereka menyeberang jalan dan Kamu tidak berhati-hati dalam berkendara. Apalagi bila motor digeber dengan kecepatan tinggi.

4. Tanah dan bahan konstruksi bangunan

Pengerjaan Proyek Jalan Tol Becakayu

Tidak semua benda yang ada di jalan punya cengkraman yang erat pada saat diinjak atau motor kamu sedang melakukan pengereman. Selain kerikil ada pula tanah dan bahan konstruksi bangunan yang bisa jadi malapetaka bagi pengendara motor saat dilewati setelah hujan deras.

Kamu tidak bisa meremehkan hal ini. Terutama jikalau sepanjang jalan yang Kamu lewati banyak proyek pembangunan jalan atau gedung yang sedang dikerjakan.

5. Genangan air

Pengendara motor melintasi genangan air.

Genangan air yang dimaksud tidak hanya yang bersifat sementara dan cepat surut. Yang lebih bahaya merupakan genangan air di jalan yang proses surutnya memakan waktu yang lama.

Alasannya adalah dalam genangan itu bisa saja tumbuh lumut dan berlendir yang membuat jalan tersebut jadi lebih licin untuk dilewati. Jadi, jangan asal libas genangan air.

Comments