5 Artis Indonesia yang Pernah Jadi Guru di Film, Gading Marten hingga Reza Rahadian

Music - Movies - TV

Updates / Music - Movies - TV

5 Artis Indonesia yang Pernah Jadi Guru di Film, Gading Marten hingga Reza Rahadian

5 Artis Indonesia yang Pernah Jadi Guru di Film, Gading Marten hingga Reza Rahadian

KEPONEWS.COM - 5 Artis Indonesia yang Pernah Jadi Guru di Film, Gading Marten hingga Reza Rahadian Tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional setiap tahunnya. Hari Guru Nasional bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)....

Tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional setiap tahunnya. Hari Guru Nasional bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Pada peringatan Hari Guru tahun ini, Kamis (25/11/2021), tema yang diangkat merupakan "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan" berkaitan dengan pandemi COVID-19. Belakangan pendidikan Indonesia mulai bangkit dengan diizinkannya siswa bersekolah tatap muka bersamaan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Sosok guru yang disebut sebagai "Pahlawan Tanpa Jasa" juga kerap diangkat dalam sebuah film. Siapa saja artis Indonesia yang pernah berperan sebagai guru di film? Yuk simak ulasan yang telah disiapkan redaktur Suara.com berikut ini.

1. Reza Rahadian

Bhisma Mulia Bersyukur Masuk Nominasi Indonesian Movie Actors Awards 2021

Artis yang pernah berperan sebagai guru di film (IMDb)Artis yang pernah berperan sebagai guru di film (IMDb)

Reza Rahadian berperan sebagai Tjokroaminoto yang dikenal sebagai guru bangsa. Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015) bergenre biografi yang menceritakan kisah perjalanan hidup Haji Oemar Said Tjokroaminoto, salah satu pahlawan pergerakan Indonesia.

Tjokroaminoto dikenal sebagai guru besar karena merupakan guru dari para pemimpin yang menggerakkan kemerdekaan Indonesia. Pemimpin yang pernah menjadi murid Tjokroaminoto di antaranya Soekarno, Semaoen, Muso, Alimin, dan Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo.

Tjokroaminoto juga dikenal berani menentang pemerintahan Hindia Belanda dan peduli terhadap rakyat pribumi meski berasal dari keluarga bangsawan. Kisah Guru Bangsa: Tjokroaminoto selengkapnya bisa ditonton melalui Netflix.

2. Dian Sastro

Artis yang pernah berperan sebagai guru di film (Instagram/@gurugurugokil)Artis yang pernah berperan sebagai guru di film (Instagram/@gurugurugokil)

Dian Sastro juga menjadi guru di film Guru-Guru Gokil. Dian berperan sebagai Bu Nirmala, guru kimia yang dikenal lemot. Meski karakternya bukan fokus utama cerita, Dian Sastro merupakan produser film Guru-Guru Gokil. Film Guru-Guru Gokil juga merupakan kali pertama Dian menjadi produser setelah sebelumnya lebih dikenal sebagai aktris.

Pemotretan Bareng, Shandy Aulia dan Gading Marten Didoakan Berjodoh

3. Cut Mini

Artis yang pernah berperan sebagai guru di film (IMDb)Artis yang pernah berperan sebagai guru di film (IMDb)

Cut Mini berperan sebagai guru bernama Bu Muslimah dalam film fenomenal Laskar Pelangi (2009). Bu Muslimah diceritakan sebagai guru yang mengajar di SD Muhammadiyah Gantong, Pulau Belitung.

Dinas pendidikan telah mengultimatum akan menutup SD Muhammadiyah Gantong apabila masih kekurangan siswa saat penerimaan murid baru. Di sisi lain, SD Muhammadiyah Gantong merupakan satu-satunya sekolah anak miskin di daerah tersebut. Keajaiban menyelimuti hari pendaftaran di SD Muhammadiyah Gantong dengan datangnya 2 anak melengkapi jumlah siswa sebanyak 11.

Dengan penuh ketelatenan, Bu Muslimah mengajar 11 siswa baru yang kemudian dikenal sebagai Laskar Pelangi. Meski dengan keterbatasan biaya, siswa SD Muhammadiyah Gantong bisa membuktikan prestasi mereka. Film Laskar Pelangi selengkapnya dapat disaksikan melalui Netflix dan Vidio.

4. Prisia Nasution

Artis yang pernah berperan sebagai guru di film (kineforum.org)Artis yang pernah berperan sebagai guru di film (kineforum.org)

Beda dari guru-guru yang lain, Prisia Nasution berperan sebagai Butet Manurung yang menjadi guru baca tulis untuk Orang Rimba dalam film berjudul Sokola Rimba (2013). Suatu hari, seorang anak bernama Nyungsang Bungo ingin belajar membaca kepada Butet agar bisa mengetahui isi surat perjanjian. Nyungsang Bungo juga yang menyelamatkan Butet dari penyakit Malaria saat berada di sana.

Namun menurut kepercayaan kelompok rombong Bungo, belajar baca tulis bisa membawa malapetaka. Dengan keteguhan hati, Butet berusaha tetap mengajari anak-anak rimba baca tulis hingga malapetaka itu benar-benar datang. Butet tentu disalahkan atas malapetaka tersebut. Usaha Butet menjadi guru untuk Sokola Rimba dapat disaksikan melalui Netflix.

5. Gading Marten

Artis yang pernah berperan sebagai guru di film (Instagram/@gurugurugokil)Artis yang pernah berperan sebagai guru di film (Instagram/@gurugurugokil)

Gading Marten berperan sebagai guru Sejarah untuk siswa kelas IPS di SMA bernama Taat Pribadi di film Guru-Guru Gokil (2020). Padahal di masa lalu, Taat 'bersumpah' tidak akan menjadi guru karena dinilai tak bisa membuatnya kaya seperti yang dilihat dari sosok sang ayah.

Namun Taat mulai belajar menjadi guru yang sesungguhnya setelah orang tua murid mempertanyakan alasan anaknya membuat makalah perihal sejarah ganja. Taat juga membawa beban nama baik ayahnya yang dikenal sebagai guru panutan. Kisah selengkapnya dapat disaksikan melalui Netflix.

Gimana sudah lihat akting sederet artis yang pernah memerankan sosok guru belum. Gimana menurut kamu?

Kontributor : Neressa Prahastiwi

Comments