5 Alasan FKY 2019 layak jadi agenda wisata kamu ke Jogja

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

5 Alasan FKY 2019 layak jadi agenda wisata kamu ke Jogja

5 Alasan FKY 2019 layak jadi agenda wisata kamu ke Jogja

KEPONEWS.COM - 5 Alasan FKY 2019 layak jadi agenda wisata kamu ke Jogja Yogyakarta merupakan tempat bersejarah yang mempunyai banyak daya tarik, baik wisata alam maupun acara rajin yang unik dan menarik. Seperti halnya Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) yang berlangsung...
Loading...

Yogyakarta merupakan tempat bersejarah yang mempunyai banyak daya tarik, baik wisata alam maupun acara rajin yang unik dan menarik. Seperti halnya Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) yang berlangsung rajin setiap tahunnya. Acara tersebut sangat dinanti-nanti warga Yogyakarta, wisatawan domestik dan warga asing. Hal tersebut dikarenakan rangkaian acara yang membuat pengunjung yang sangat menghibur.

Kali ini, Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019 berlangsung pada tanggal 4-21 Juli 2019 di Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul. FKY 2019 mengangkat tema Mulanira. Tema Mulanira sendiri mempunyai makna kembali ke asal mula.

Ketua umum FKY 2019, Paksi Raras Alit dalam kunjungannya ke redaksi, Senin (24/6) memaparkan bahwa acara ini bertujuan untuk menunjukkan keterbukaan dan keramahan budaya Yogyakarta. "Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019 'mulanira' berupaya menjadi peristiwa budaya guna menunjukkan semangat dan karakter keterbukaan, keramahan fan tepa selira," jelas Paksi.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, FKY 2019 akan lebih meriah dengan banyak sekali acara. Acara tersebut akan diselenggarakan di lebih banyak titik di Yogyakarta dari pada tahun sebelumnya lho. Kamu juga bisa memmilih sajian acara tersebut dengan bebas. Sebagian dari kamu mungkin sudah tak sabar untuk datang ke acara ini.

Nah, buat kamu yang masih galau dan ragu untuk datang ke FKY 2019, berikut beberapa alasan event ini layak jadi rencana wisata kamu ke Yogyakarta:

1. Rangkaian acaranya panjang.

alasan pergi ke FKY 2019 © 2019

foto: Instagram/@infofky

FKY 2019 terdiri dari rangkaian acara yang cukup panjang. Diawali dengan 'Mulanira Malyabhara' yang dihelat di sepanjang Jalan Malioboro pada 1, 15 dan 29 Juni 2019. Acara dilanjutkan dengan Pawai dan Panggung Pembukaan di Titik 0 mm pada 4 Juli 2019 mendatang. Acara ini akan berlangsung lebih dari dua pekan. Sehingga, kamu punya banyak waktu untuk bisa mengunjunginya.

2. Gratis.

alasan pergi ke FKY 2019 © 2019

foto: Instagram/@infofky

Buat kamu para pelajar dan mahasiswa nggak perlu khawatir soal biaya. FKY 2019 Mulanira terbuka untuk umum dan semua rangkaian acara bisa kamu nikmati secara gratis. Jadi, tak perlu bimbang untuk mengajak sahabat, kekasih hingga keluarga.

3. Beragam kegiatan, dari seni hingga masakan.

alasan pergi ke FKY 2019 © 2019

foto: Instagram/@infofky

FKY 2019 tak hanya fokus kepada karya seni. Hal tersebut sesuai dengan yang tertera pada Perdais No. 3 Tahun 2017 yaitu : nilai-nilai budaya, pengetahuan dan teknologi, bahasa, adat-istiadat, tradisi luhur, benda dan objek wisata karya seni. Objek-objek kebudayaan tersebut akan dirupakan dengan beberapa rangkaian program utama.

Mulai dari Mulanira Mulyabhara, pawai dan pembukaan, program Wirama-Wiraga-Wirasa, pagelaran wayang kulit, teater, pasar seni, panggung pertunjukan, wahana dolanan dan layar tancep. Ada pula pesta rakyat Kampung Terban hingga panggung kontemporer. Tak hanya itu, FKY 2019 menyajikan banyak sekali stan masakan tradisional yang bisa kamu beli di lokasi.

4. Bisa sekaligus belajar.

alasan pergi ke FKY 2019 © 2019

foto: Instagram/@infofky

Tak hanya menyajikan hiburan, FKY 2019 juga memberikan nilai pembelajaran bagi masyarakat. Hal ini diwujudkan melalui perhelatan Lokakarya Wirasa dan Konser Seri Swara. Acara tersebut diadakan di Museum Dewantara Kirti Griya pada 8-16 Juli 2019. Cabang acara FKY 2019 ini bertujuan untuk memaknai metode pendidikan Sariswara yang digagas oleh Ki Hadjar Dewantara. Program ini menghadirkan proses belajar melalui seni.

5. Tempat nostalgia.

alasan pergi ke FKY 2019 © 2019

foto: Instagram/@infofky

Kata orang Yogyakarta ialah kota yang penuh dengan kenangan. Hal tersebut rupanya benar adanya dengan melihat rangkaian acara FKY 2019. Acara di bawah naungan Dinas Kebudayaan DIY ini bernuansa lawas. Sehingga membuat kita bisa bernostalgia ke beberapa puluh tahun silam. Selain menyajikan nuansa kebudayaan yang kental, unsur bangunan FKY 2019 juga memberikan nuansa lama seperti kayu dan bambu.

Recommended By Editor

Comments