5 Aktor Ganteng, Gagah dan Keren Sebelum Robert Pattinson Yang Pernah Memerankan Batman.

Internasional

News / Internasional

5 Aktor Ganteng, Gagah dan Keren Sebelum Robert Pattinson Yang Pernah Memerankan Batman.

5 Aktor Ganteng, Gagah dan Keren Sebelum Robert Pattinson Yang Pernah Memerankan Batman.

KEPONEWS.COM - 5 Aktor Ganteng, Gagah dan Keren Sebelum Robert Pattinson Yang Pernah Memerankan Batman. Tidak bisa dipungkiri Batman ialah superhero paling terkenal di dunia. Selain terkenal Batman merupakan superhero dengan pemeran paling banyak. Tapi ketika ditanya siapa aktor terbaik yang memerankan...

Tidak bisa dipungkiri Batman ialah superhero paling terkenal di dunia. Selain terkenal Batman merupakan superhero dengan pemeran paling banyak. Tapi ketika ditanya siapa aktor terbaik yang memerankan Batman jawabannya pasti berbeda-beda dan pasti ada banyak perdebatan disana.

Bagaimana tidak, aktor pemeran Batman sangatlah penting karena akan menentukan kualitas dari filmnya. Sehingga setiap kali aktor pemeran Batman berubah, para penggemar akan selalu membandingkan dengan pemeran sebelumnya.

Semenjak film pertamanya di tahun 1943 sudah ada setidaknya 10 aktor yang memerankan Batman, hingga akhirnya pada 2021, Warner Bros Entertainment menunjukkan Robert Pattinson sebagai wajah baru Batman. Kali ini kami sudah siapkan 5 pemeran Batman dalam tiga dekade terakhir yang bisa dijadikan sebagai bahan nostalgia bagaimana perjalanan para aktor yang memerankan Batman.

1. Michael Keaton

image

Michael Keaton (credit:imdb)

Pemeran Batman yang pertama merupakan Michael Keaton yang memerankan Batman pada tahun 1989 dan 1992 dalam BATMAN dan BATMAN RETURNS. Walaupun aksinya sebagai Batman merupakan salah satu yang terbaik. Namun saat pertama kali Warner Bros mengumumkan Keaton, studio ini malah mendapat banyak protes dari para penggemar lantaran sosok Keaton yang terkenal sebagai komedian dan dianggap tidak cocok memerankan Batman.

Tapi Keaton berhasil membuktikan semua orang salah. Bersama dengan sutradara Tim Burton, Michael Keaton berhasil memerankan Bruce Wayne sebagai karakter yang kompleks. Keaton berhasil mengubah persepsi Batman tahun 60-an menjadi karakter Batman baru seperti yang kita kenal sekarang. Keaton juga menjadi yang pertama mengatakan kalimat paling ikonik dari karakter ini "I'm Batman."

2. Val Kilmer

image

Val Kilmer (credit:imdb)

Ketika Michael Keaton keluar dari pembuatan film BATMAN FOREVER di tahun 1995 lantaran tidak suka dengan sutradara barunya, Val Kilmer datang dengan gaya yang baru mengalahkan aktor besar seperti Johnny Depp dan William Baldwin.

Meskipun Val Kilmer terlihat gagah dan garang mengenakan kostum Batman, tapi performa Kilmer mendapatkan respon yang campur dari para penggemarnya. Ada yang beranggapan bahwa dia tidak mempunyai kompleksitas emosional dalam karakter ini, karena ia tidak bisa memerankan Batman dan Bruce Wayne dengan luka psikologis yang dialaminya. Tapi ada juga yang suka dengan perannya yang ringan dan mudah ditonton. Akan tetapi jikalau dibandingkan dengan film selanjutnya sebenarnya performa Kilmer sudah cukup bagus.

3. George Clooney

image

George Clooney (credit:imdb)

Setelah Val Kilmer keluar karena dianggap melanggar kontrak, George Clooney masuk menggantikannya dalam film BATMAN & ROBIN tahun 1997. Namun sayang bagi Clooney karena film yang satu ini dianggap sebagai film Batman terburuk.

Berawal dari sutradara Joel Schumacher yang ingin menjadikan BATMAN & ROBIN menjadi film yang lebih ringan agar bisa ditonton oleh anak-anak, akhirnya aksi Clooney yang melompat-lompat antara komedi romantis dan film aksi menjadi tidak menarik untuk ditonton. Ditambah dengan estetika warna-warni sutradara Joel Schumacher yang kurang menarik juga penjahat yang diperankan oleh Arnold Schwarzenegger dan Uma Thurman yang terasa datar menambah poin negatif film ini.

4. Christian Bale

image

Christian Bale (credit:imdb)

Kalau dua film terakhir dianggap sangat buruk, kini film Dark Knight Trilogy tahun 2005 hingga tahun 2012 buatan Nolan ini dianggap sebagai film Batman terbaik yang pernah dibuat, dengan Christian Bale yang berhasil memerankan karakter Bruce Wayne dan Batman dengan baik. Christopher Nolan berhasil memberikan definisi dan potret psikologis karakter yang tepat dan dalam.

Kebanggaan tidak sepenuhnya milik sang sutradara Nolan dan karakter utama Christian Bale, kinerja dan dedikasi Heath Ledger dalam memerankan Joker juga tidak bisa dilupakan. Entah bagaimana aksi dari Christian Bale berhasil memberikan lapisan yang mendalam dalam karakter Batman. Selama Robert Pattinson belum melakukan sesuatu yang luar biasa di tahun 2022, Batman versi Christian Bale ini masih memegang title sebagai film Batman yang terbaik.

5. Ben Affleck

image

Ben Affleck (credit:imdb)

Lagi-lagi hal yang paling sulit merupakan mempertahankan kualitas dan pencapaian yang telah diraih. Itulah yang dialami oleh Batman versi Zack Snyder dengan BATMAN V SUPERMAN hingga JUSTICE LEAGUE. Beberapa orang tidak suka dengan Batman yang diperankan oleh Ben Affleck ini, tapi ada juga beberapa orang jatuh cinta dengan versi director s cut-nya.

Sebenarnya Batman yang diperankan oleh Ben Affleck ini tidak seburuk itu. Perbedaan paling menonjol dalam versi ini ialah Batman yang digambarkan bisa mengalahkan seratus tentara bayaran tanpa satu kekuatan super pun. Jangankan seratus tentara, ia mungkin satu-satunya Batman yang berhasil mengalahkan makhluk terkuat di dunia, Superman. Batman versi Affleck ini juga memberi kita seorang Batman yang terasa seperti antihero. Tidak hanya itu, Ben Affleck juga tampak memaksa karakternya, ditambah jalan cerita yang dibuat begitu gelap dengan penyampaian yang cukup berat dan kompleks akhirnya Batman versi Ben Affleck ini malah mendapat respon negatif.

Penulis: Evan Reinaldo

Comments