5 Aktivitas Ini Ampuh Tingkatkan Daya Ingat Otak

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

5 Aktivitas Ini Ampuh Tingkatkan Daya Ingat Otak

5 Aktivitas Ini Ampuh Tingkatkan Daya Ingat Otak

KEPONEWS.COM - 5 Aktivitas Ini Ampuh Tingkatkan Daya Ingat Otak Tidak sedikit dari mereka yang baru berusia 30-an, sudah mengalami kesulitan dalam daya ingatnya. Padahal, ada beberapa cara mudah untuk melatih daya ingat otak tetap aktif hingga usia lanjut. Tanpa d...
Loading...

Tidak sedikit dari mereka yang baru berusia 30-an, sudah mengalami kesulitan dalam daya ingatnya. Padahal, ada beberapa cara mudah untuk melatih daya ingat otak tetap aktif hingga usia lanjut.

Tanpa disadari, banyak cara sederhana yang bisa dilakukan untuk memicu daya ingat otak tetap berjalan dengan baik di usia berapa pun. Berikut beberapa cara sederhana dalam aktivitas sehari-hari untuk meningkatkan daya ingat, dilansir dari laman Reader's Digest, Rabu, 28 Februari 2018.

1. Gambar peta

Penelitian menunjukkan bahwa membuat pola peta di dalam otak, dapat meningkatkan fungsi kerja otak. Seperti pada supir taksi di London yang diharuskan untuk mengingat 25 ribu jalan dan 20 ribu penanda di jalan. Dari supir taksi itu, ahli neurologis sekaligus peneliti menemukan adanya ukuran hippocampi yang membesar secara signifikan, di mana itu ialah area memori di otak.

Latih otak Anda dengan menggambar peta untuk menuju tempat tujuan Anda di keseharian seperti rute ke kantor atau sekolah. Lakukan hal ini bila Anda menemukan rute baru dan tempat baru.

2. Buat kuis untuk otak

Lupakan permainan di gawai canggih. Pegang kembali kertas dan pena untuk mengolah kembali kemampuan daya ingat otak Anda. Coba untuk membuat atau menulis daftar belanjaan ke pasar atau ragam tugas yang harus diselesaikan.

Lalu, lihat berapa banyak dari hal-hal tersebut yang bisa Anda ingat dalam waktu satu atau dua jam setelah. Semakin panjang daftarnya, semakin kuat olahraga otak Anda.

3. Memasak

memasak

Ya, memasak bisa menjadi aktivitas menyenangkan untuk lidah dan juga otak. Dengan menggunakan saraf-saraf di lidah untuk merasakan rasa makanan, ternyata ampuh membuat otak bekerja keras. Coba untuk merasakan masakan yang Anda buat lalu rasakan tiap bumbu dan bahan yang sudah tercampur di dalamnya. Biarkan otak mengingat tiap nama bahan yang dirasakan oleh lidah.

4. Bercerita

Menceritakan sesuatu membuat mental Anda terstimulasi dan membantu tubuh lebih fokus pada hal-hal yang mendetail. Cara yang bisa dicoba cukup sederhana. Sebelum tidur di malam hari, ulangi segala hal yang telah terjadi dan Anda lakukan sepanjang hari, mulai dari bangun tidur hingga menjelang tidur kembali.

5. Mengingat nomor telepon

Mengingat nomor telepon

Beri tantangan pada otak untuk mengingat tiap angka dari nomor telepon orang terdekat atau orang yang baru ditemui. Para ahli percaya, itu bisa membuat sel otak semakin menguat.

Loading...
Loading...

Comments