4 Tips Mencegah Upaya Phising

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

4 Tips Mencegah Upaya Phising

4 Tips Mencegah Upaya Phising

KEPONEWS.COM - 4 Tips Mencegah Upaya Phising Akhir-akhir ini, semakin banyak peretas yang melakukan kejahatan siber berbentuk phising (penipuan online)....

Akhir-akhir ini, semakin banyak peretas yang melakukan kejahatan siber berbentuk phising (penipuan online).

Tujuannya merupakan meyakinkan penerima mengikuti tautan ke situs web phishing dan memasukkan berita penting, seperti login dan kata sandi atau detail rekening bank.

Dilansir keterangan resmi, Selasa (16/11/2021), Kaspersky bagikan tips mengenali phishing dan cara melindungi diri dari upaya tersebut:

1. Periksa dan cermati email dengan seksama

DDoS Kuartal III Tumbuh 24 Persen, Menjadi Lebih Canggih

Saat mendapatkan email, jangan buru-buru membalas atau mengikuti instruksinya. Hal pertama yang harus dilakukan ialah mencari tanda-tanda phishing.

Berikut beberapa tanda bahwa pesan mengandung upaya phishing:

Ilustrasi email. [Shutterstock]Ilustrasi email. [Shutterstock]Subjek pesan yang dramatis. Tema umum biasanya topik yang menarik perhatian cenderung memicu respons emosional.Banyak sekali kesalahan ketik dan ejaan, hingga karakter aneh dalam teks. Beberapa pelaku kejahatan siber benar-benar berjuang dengan bahasa Inggris, meskipun penyerang terkadang
dengan sengaja membuat kesalahan.Tautan dalam email bila ada. Periksa setiap tautan dengan cermat.Pemeriksaan seperti itu seharusnya cukup untuk membuat pengguna terhindar dari upaya phishing dari email.Namun, nama dan alamat pengirim dapat dipalsukan, tautan dapat dipersingkat agar tidak dapat dibaca, dan rantai pengalihan otomatis dapat diatur untuk mengarahkan dari alamat Web yang tidak terlalu mencurigakan ke situs web phishing yang sebenarnya.

2. Tetap waspada di software perpesanan atau di jejaring sosial

Selain email, pesan yang kamu terima di software perpesanan dan di jejaring sosial mempunyai potensi bahaya yang sama besarnya.

Lakukan pemeriksaan pada banner secara cermat, gambar yang mereka tampilkan mungkin tidak ada hubungannya dengan situs web yang dikunjungi.

Waspadai Keamanan Data Kartu Kredit saat Belanja Online

Platform tempat banner dipasang biasanya tidak mengontrol apa yang dilihat pengguna atau ke mana mereka diarahkan.

Comments