4 Tips Awasi Diabetes agar Terhindar Ancaman Covid-19

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

4 Tips Awasi Diabetes agar Terhindar Ancaman Covid-19

4 Tips Awasi Diabetes agar Terhindar Ancaman Covid-19

KEPONEWS.COM - 4 Tips Awasi Diabetes agar Terhindar Ancaman Covid-19 Diabetes ialah induk dari banyak sekali penyakit lain yang mengerikan dan diabetes tidak bisa disembuhkan. Namun, penderita diabetes tetap bisa beraktivitas normal dan hidup sehat. Mengontrol gula dar...

Diabetes ialah induk dari banyak sekali penyakit lain yang mengerikan dan diabetes tidak bisa disembuhkan. Namun, penderita diabetes tetap bisa beraktivitas normal dan hidup sehat. Mengontrol gula darah merupakan gerbang pertahanan bagi penderita diabetes.

Pada saat pandemi Covid-19 saat ini, penderita diabetes mempunyai risiko 3-4x lipat mengalami kefatalan bila terkena Covid-19. Kadar gula darah yang tinggi merusak tubuh, dan penyandang diabetes mempunyai imunitas yang rendah, sehingga tidak optimal melawan infeksi.

Gula darah sangat mudah naik secara tiba-tiba saat stres dan dengan adanya Covid-19, tingkat stres dan kecemasan semakin tinggi, gula darah pun semakin sulit dikontrol.

Maka dari itu, penting bagi penderita diabetes untuk mencapai sasaran pengendalian gula darah. Parameter keberhasilan adalah HbA1c

Ilustrasi diabetes

5 Makanan Pereda Asam Lambung, Tak Perlu Minum Obat

Untuk mengontrol gula darah, Kamu bisa menerapkan empat tips untuk mengendalikan kontrol gula darah diabetes, seperti yang dipaparkan oleh Ahli Diabetes Dr. Roy Panusunan Sibarani Sp.PD-KEMD, FES.

1. Mempunyai pola makan yang baik

Penderita diabetes selalu merasa lapar karena gula tidak bisa masuk ke sel, sehingga akan mengalami stres. Maka dari itu, makanlah dengan pola makan yang baik. Cukupi kebutuhan karbohidrat, protein, sayur, dan buah serta kebutuhan vitamin dan mineral agar mempunyai pertahanan yang kuat dalam tubuh.

Cara ini menjadi kunci kesuksesan untuk mengontrol gula darah pada penderita diabetes. Meskipun makanan sumber karbohidrat dapat menghasilkan gula atau glukosa, bukan berarti tidak boleh mengkonsumsinya sama sekali. Penyandang diabetes tetap membutuhkan karbohidrat sebagai makanan sumber energi. Namun, tetap dalam kisaran yang cukup dan tidak berlebihan.

Selanjutnya

Comments