4 Seleb ini terpilih jadi gubernur, ada yang warisi darah politik ayah

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

4 Seleb ini terpilih jadi gubernur, ada yang warisi darah politik ayah

4 Seleb ini terpilih jadi gubernur, ada yang warisi darah politik ayah

KEPONEWS.COM - 4 Seleb ini terpilih jadi gubernur, ada yang warisi darah politik ayah Sudah berbakat jadi aktor, berbakat pula jadi politisi. Sepertinya ungkapan ini cocok di sematkan untuk beberapa seleb berikut ini. Tak hanya jago berakting sehingga membuat mereka menjadi aktor dan a...

Sudah berbakat jadi aktor, berbakat pula jadi politisi. Sepertinya ungkapan ini cocok di sematkan untuk beberapa seleb berikut ini. Tak hanya jago berakting sehingga membuat mereka menjadi aktor dan aktris yang diakui di dunia hiburan dan dunia film, aktor dan aktris berikut rupanya jago di bidang politik, dan beberapa di antaranya berhasil menjadi gubernur.

Penasaran siapa saja seleb yang menjadi gubernur? Simak yuk daftarnya berikut ini yang dirangkum dari banyak sekali sumber, Rabu (19/4).

1. Rano Karno.

foto: wikipedia.com

Tak cuma jago dalam berakting dan kemudian menjadi aktor kawakan, Rano Karno juga menjadi politisi dengan menjabat gubernur. Ia menjabat sebagai Gubernur Banten semenjak 12 Agustus 2015. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Banten semenjak 13 Mei 2014 hingga 12 Agustus 2015 menggantikan Ratu Atut Chosiyah yang dinonaktifkan karena terkait kasus suap pilkada di MK.

Dalam Pilkada kemarin, Rano sebenarnya maju lagi untuk mempertahankan kekuasannya. Dia berpasangan dengan Embay Mulya Syarif. Sayang, bintang Si Doel Anak Sekolahan ini kalah dari pesaingnya, Wahidin Halim-Andika Hazrumy. Wahidin-Andika mendapat 50,95% dan Rano-Embay 49,05%.

2. Zumi Zola.

foto: twitter.com

Zumi Zola sebelumnya dikenal sebagai aktor yang membintangi beberapa film dan sinetron di Indonesia. Tapi dia mewarisi darah politik ayahnya, Zulkifli Nurdin, mantan gubernur Jambi periode 1999-2004 dan 2005-2010.

Karier politik Zumi dimulai ketika menjadi bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk periode 2011-2016. Lalu pada Pilkada serentak 2015, Zumi Zola berpasangan dengan Fachrori Umar, terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur Jambi untuk periode 2016-2021.

3. Arnold Schwarzenegger.

foto: storypick.com

Arnold Alois Schwarzenegger merupakan seorang aktor, binaragawan, politikus Partai Republik, dan pengusaha yang menjabat sebagai Gubernur California ke-38 dari tahun 2003 hingga 2011. Ia terpilih pada 7 Oktober 2003 dalam Pemilu California 2003 yang dipercepat untuk menggantikan Gray Davis dari posisi gubernur. Schwarzenegger dilantik pada 17 November untuk memangku masa jabatan Davis yang tersisa hingga Januari 2007.

4. Vilma Santos.

foto: thephliphinoconnection.net

Ia ialah salah satu aktris besar di Filipina sebelum akhirnya menjadi gubernur perempuan pertama di Batangas. Batangas merupakan provinsi di Filipina. Ibu kotanya ialah Batangas City. Vilma menjabat sebagai gubernur semenjak 30 Juni 2007 hingga 30 Juni 2016. Setelah tak menjabat gubernur, mantan artis yang lekat dengan sapaan Ate Vi ini terpilih menjadi anggota parlemen Batangas.

(swh)

Comments