4 Pohon ini kaya manfaat ekonomi & lingkungan, terancam punah

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

4 Pohon ini kaya manfaat ekonomi & lingkungan, terancam punah

4 Pohon ini kaya manfaat ekonomi & lingkungan, terancam punah

KEPONEWS.COM - 4 Pohon ini kaya manfaat ekonomi & lingkungan, terancam punah Banyak orang tak sadar manfaat besar yang dimiliki pepohonan. Mereka akan menganggap biasa keberadaan banyak pohon di lingkungannya dalam kehidupan keseharian. Mereka tak menyadari, saat pepohonan itu...

Banyak orang tak sadar manfaat besar yang dimiliki pepohonan. Mereka akan menganggap biasa keberadaan banyak pohon di lingkungannya dalam kehidupan keseharian. Mereka tak menyadari, saat pepohonan itu tak ada lagi, terjadi perubahan besar di lingkungan.

Manusia dan pepohonan hidup berdampingan dan saling menguntungkan satu sama lain. Banyak sekali produk-produk kecantikan, makanan, dan bahkan kesehatan yang sangat bergantung pada pepohonan di sekitar kita.

Sayangnya, keberlangsungan hidup pepohonan sedang terancam karena perubahan iklim. Perubahan suhu dan tidak terduganya cuaca membuat banyak tempat asli pohon tak bisa dijadikan tempat tumbuh lagi. Bila dibiarkan, kehidupan manusia bisa terancam karena rusaknya pepohonan.

Untuk menjaga kelestarian pepohonan ini, kita harus memahami fakta-faktanya. Pepatah Tak kenal maka tak sayang memang benar adanya. Sobat, yuk pahami fakta-fakta 4 pohon yang mempunyai banyak manfaat ekonomi dan lingkungan berikut seperti dirangkum dari banyak sekali sumber, Kamis (29/11).

1. Pohon kakao.

pohon kaya manfaat berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Pohon kakao bisa menghasilkan cokelat yang manis nan lezat. Tak hanya untuk makanan, biji kakao bisa digunakan untuk produk kecantikan dan medis. Oleh karena itu pohon kakao mempunyai peranan ekonomi yang penting bagi manusia.

Pohon kakao hanya bisa tumbuh di daerah khatulistiwa dan sangat susah untuk dibudidayakan. Untuk bisa menghasilkan biji yang bagus, pohon kakao harus dirawat dan tumbuh di daerah yang sesuai seperti di lereng gunung atau perbukitan.

Perubahan iklim membuat budidaya pohon kakao semakin susah. Petani sekarang harus mencari daerah yang tidak terlalu panas untuk menanam pohon kakao. Pohon ini hanya bisa hidup di daerah bersuhu 31 C - 32 C saja.

2. Pohon kopi.

pohon kaya manfaat berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Pohon kopi mempunyai nilai ekonomi sangat tinggi. Biji kopi segar yang dihasilkannya selalu jadi buruan penikmat kopi di seluruh dunia. Kopinya juga bisa digunakan untuk kecantikan dan kepentingan medis.

Dari lebih 100 jenis kopi yang ada di dunia, hanya ada beberapa yang bisa dikomersialkan. Sampai bisa dipanen, biasanya pohon kopi harus berusia kurang lebih setahun dulu. Saat dewasa, pohon kopi bisa mencapai tinggi hingga 18 meter.

Teknik menanam kopi berbeda dari satu spesies dengan spesies lainnya. Oleh karena itu, mendapatkan biji kopi terbaik memerlukan usaha yang besar dan tak kenal lelah.

3. Pohon trembesi.

pohon kaya manfaat berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Pohon ini akan sering kamu jumpai di pinggir jalan sebagai pohon peneduh. Bentuknya yang mirip dengan payung membuat lingkungan bisa terlindung dari sinar UV matahari. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa satu pohon trembesi bisa menyerap puluhan karbon dioksida dalam setahun.

Sebaliknya, oksigen yang dihasilkan oleh pohon trembesi juga sangat besar. Selain itu, akar pohon trembesi yang kuat juga membuat tanah menjadi stabil. Oleh karena itu, jalanan yang ditanami pohon trembesi jarang terkena longsor.

4. Pohon bakau.

pohon kaya manfaat berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Karena perubahan iklim, banyak pantai yang mengalami pengikisan parah. Untuk mengatasinya, pohon bakau bisa ditanam di sepanjang pesisir pantai. Pohon bakau bisa tumbuh di tanah yang mempunyai lumpur halus dan dalam seperti di pesisir pantai atau sungai.

Pohon bakau juga mempunyai manfaat ekonomi karena bisa dijadikan sebagai bahan bangunan atau kayu bakar dan arang. Pohon bakau juga jadi tempat asal banyak ikan kecil, kepiting, dan aneka hewan laut lainnya. Tanpa pohon bakau, tempat asli pesisir pantai atau sungai bisa hilang tak berbekas.

Pohon seperti kakao, kopi, trembesi, dan bakau ternyata mempunyai banyak manfaat ekonomi dan lingkungan. Manusia akan kesulitan bila keempat pohon ini terancam punah. Oleh karena itu, kita harus menjaga keberlangsungan hidup pohon-pohon ini. Kamu bisa memulainya dengan menanam pohon dan merawatnya di lingkunganmu sendiri.

Momen Hari Menanam Pohon sedunia yang jatuh pada tanggal 28 November harus jadi cambuk yang kuat agar kita bisa lebih peduli merawat lingkungan agar terhindar dari perubahan iklim drastis.

Djarum Foundation sudah melakukan aksi mulia merawat pepohonan dari lereng dan pesisir Indonesia lho. Salah satunya ialah Konservasi Lereng Muria dan Pantai Utara Jawa Tengah. Kedua aksi konservasi ini sangat membantu daerah tersebut dengan menaman lebih dari 600.000 pohon mangrove di Pantai Utara Jawa dan 72.800 pucuk pohon di Lereng Muria. Bumi pertiwi akan sangat berterima kasih dengan konservasi dan usaha untuk merawat lingkungan.

Seiring berjalannya waktu, Djarum Foundation membantu memperbaiki kondisi lingkungan di Indonesia dengan konservasi pepohonan. Sampai sekarang sudah ada lebih dari 2 juta pohon ditanam dan dirawat oleh Djarum Foundation. Kamu bisa mengetahui berita perihal kampanye ini di postingan di bawah ini. Ayo selamatkan alam dengan #SiapSadarLingkungan!

Recommended By Editor

Comments