4 Pengobatan Rumahan untuk Atasi Bintitan di Mata

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

4 Pengobatan Rumahan untuk Atasi Bintitan di Mata

4 Pengobatan Rumahan untuk Atasi Bintitan di Mata

KEPONEWS.COM - 4 Pengobatan Rumahan untuk Atasi Bintitan di Mata SALAH satu sakit mata yang dialami banyak orang merupakan bintitan. Bintitan terjadi karena adanya infeksi bakteri. Kondisi ini menimbulkan benjolan di dasar kelopak mata. Bentuk benjolan itu seperti...

SALAH satu sakit mata yang dialami banyak orang merupakan bintitan. Bintitan terjadi karena adanya infeksi bakteri. Kondisi ini menimbulkan benjolan di dasar kelopak mata. Bentuk benjolan itu seperti jerawat, tidak terlalu besar.

Bintitan bisa berwarna merah dan menimbulkan rasa sakit. Kondisi ini terjadi karena kelenjar minyak atau folikel rambut di sekitar kelopak mata terinfeksi atau tersumbat.

Mata Bintitan, Benarkah karena Suka Ngintip?

Dikutip dari Insider, Jumat (22/1/2021), dokter mata di Houston Eye Associates di Houston, Texas, Fiaz Zaman MD FACS, mengatakan ada banyak kelenjar minyak di sekitar mata yang menghasilkan minyak untuk membantu air mata menempel di mata serta membuatnya tetap terlumasi.

Kelenjar ini bisa tersumbat oleh minyak berlebih, sel kulit mati, dan bakteri yang menyebabkan pembentukan seperti jerawat di kelopak mata. Ini mirip dengan bagaimana jerawat terbentuk ketika pori-pori di wajah tersumbat.

Mata. (Foto: Asierromero/Freepik)

Adapun gejala bintitan meliputi benjolan di kelopak mata, berkerak di sekitar kelopak mata, pembengkakan, kemerahan, rasa sakit. Bintitan dapat terjadi berhari-hari atau bahkan beberapa minggu.

Berikut ini beberapa pengobatan rumahan yang bisa membantu meringankan gejala bintitan dan mempercepat proses penyembuhan.

Pandemi Covid-19 Memburuk, Portugal Tutup Semua Sekolah

1. Bersihkan kelopak mata

Dokter mata dan presiden Asosiasi Ahli Kacamata Kanada, Micheal Nelson OD FAOO, memaparkan bahwa menjaga kebersihan mata yang baik dapat membantu mencegah dan mengobati bintitan.

Guna menjaga kebersihan kelopak mata, jangan gunakan makeup kedaluwarsa, hapus makeup di malam hari, cuci tangan secara teratur, terutama jikalau memakai lensa kontak. Jangan menggosok mata bila mempunyai alergi. Bila memang ada bintitan, bersihkan area tersebut dengan sampo bayi yang diencerkan dan lembut untuk mata. Ini akan membantu mengurangi bakteri di sekitar bintit dan mencegah penyebaran infeksi.

Menjaga kebersihan mata dengan mencuci kelopak mata dan bulu mata dengan sabun lembut yang digunakan di sekitar mata setiap beberapa hari juga dapat membantu mencegah terjadinya bintitan.

2. Gunakan kompres hangat

Menempatkan waslap hangat dan lembab pada mata yang tertutup dapat membantu mengatasi bintitan. Panas membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan mengeluarkan bahan berminyak yang menempel di sana. Gunakan kompres hangat selama 10 hingga 15 menit sebanyak 2 hingga 3 kali sehari untuk hasil terbaik.

Comments