4 Manfaat temulawak untuk kesehatan dan kecantikan

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

4 Manfaat temulawak untuk kesehatan dan kecantikan

4 Manfaat temulawak untuk kesehatan dan kecantikan

KEPONEWS.COM - 4 Manfaat temulawak untuk kesehatan dan kecantikan Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat unik dengan menyimpan banyak sekali kejutan. Salah satunya merupakan aneka tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal. Salah satu tanaman yang t...

Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat unik dengan menyimpan banyak sekali kejutan. Salah satunya merupakan aneka tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Salah satu tanaman yang terkenal merupakan ialah temulawak (Curcuma xanthorrhiza). Tanaman asli Indonesia ini banyak hidup di dataran pulau Maluku, Jawa, dan Kalimantan dan dikategorikan sebagai anggota jahe-jahean.

Temulawak mengandung 48-59,64 persen zat tepung; 1,6-2,2 persen kurkumin; dan 1,48-1,63 persen minyak asiri dan dipercaya dapat meningkatkan kerja ginjal serta antiinflamasi.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai temulawak, berikut ini beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh.

1. Mengatasi masalah sistem pencernaan.

Mengonsumsi temulawak dapat merangsang produksi cairan empedu di kantung empedu, sehingga dapat membantu pencernaan serta metabolisme makanan dalam tubuh.

Temulawak juga dapat mengatasi perut kembung dan menambah nafsu makan untuk anak-anak. Temulawak juga baik untuk orang-orang yang mengalami peradangan usus untuk proses penyembuhan yang lebih cepat.

Selain diolah menjadi jamu untuk diminum, temulawak juga sering menjadi salah satu tambahan obat herbal untuk membuat obat-obatan penambah nafsu makan.

2. Meningkatkan imunitas.

Bila kamu mudah sakit, temulawak bisa membantumu. Temulawak ternyata dapat meningkatkan imunitas tubuh, sehingga tubuh akan lebih terhindar dari penyakit-penyakit ringan yang bisa menyerang kapan saja.

Buatlah ramuan temulawak dengan cara menghaluskan temulawak, kemudian diambil sarinya. Tambahkan madu dan air hangat untuk diminum sehari-hari.

3. Mencegah kanker.

Temulawak juga sering disebut sebagai gingsengnya Indonesia. Salah satu manfaat mujarab temulawak verikutnya merupakan mencegah dan menangkal radikal bebas.

Temulawak bisa membantu menyusutkan sel kanker pada pasien stadium lanjut. Karena kanker bisa terjadi karena radikal bebas, maka temulawak yang mencegah radikal bebas dapat mencegah terbentuknya kanker di badan.

4. Bersihkan kulit wajah.

Selain bermanfaat untuk tubuh, ternyata temulawak juga baik untuk kulit, seperti dapat mengatasi jerawat, menghaluskan wajah, mencerahkan kulit, mengencangkan kulit, melembabkan kulit, mencegah terjadinya penuaan dini, meremajakan kulit, menyamarkan bekas luka, hingga antioksidan bagi kulit. Cara memakai temulawak untuk wajah merupakan dengan meminum sarinya atau membuat masker temulawak.

Melihat banyaknya manfaat temulawak bagi tubuh, perusahaan di bidang farmasi, SOHO Industri Pharmasi (SIP) mengekspor produk-produk berbahan dasar temulawak dengan tujuan negara Kamboja. "Temulawak yang SIP gunakan merupakan temulawak organik yang dikembangkan di kebun riset kami, SOHO Center of Excellence in Herbal Research (SCEHR) Sukabumi dengan konsep Seed to patient dan berkolaborasi secara ABGC (Academic, Business, Goverment, Community)," ungkap Presiden Komisaris PT SOHO Global Health, Eng Liang Tan pada Upacara Pelepasan Ekspor di Jakarta, Jumat (13/12).

Temulawak © 2019

Ekspor produk-produk berbahan dasar temulawak ini pun mendapat apresiasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM). Kepala Badan POM, Penny K Lukito mengatakan, "Salah satu kunci untuk dapat mewujudkan kemandirian obat dalam negeri, industri harus dapat memenuhi standar kualitas secara konsisten agar produknya dapat diterima oleh negara tujuan ekspor, karena itu Badan POM sangat mengapresiasi keberhasilan SIP mengekspor produk-produk berbahan dasar Temulawak ke banyak sekali negara."

Recommended By Editor

Comments