4 Manfaat Rutin Yoga untuk Diabetesi yang Sayang Dilewatkan

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

4 Manfaat Rutin Yoga untuk Diabetesi yang Sayang Dilewatkan

4 Manfaat Rutin Yoga untuk Diabetesi yang Sayang Dilewatkan

KEPONEWS.COM - 4 Manfaat Rutin Yoga untuk Diabetesi yang Sayang Dilewatkan Gaya hidup sehat merupakan salah satu fondasi penting bagi perawatan diabetes. Nah kalau Kamu mempunyai diabetes, salah satu aspek yang harus Kamu terapkan selama menjalani gaya hidup sehat merupakan...

Gaya hidup sehat merupakan salah satu fondasi penting bagi perawatan diabetes. Nah kalau Kamu mempunyai diabetes, salah satu aspek yang harus Kamu terapkan selama menjalani gaya hidup sehat merupakan rajin berolahraga. Namun, tidak semua jenis olahraga itu cocok dan aman dilakukan para diabetesi (orang dengan penyakit diabetes).

Bagi Kamu yang masih resah memilih olahraga apa yang aman, yoga bisa jadi plihannya. Yuk, ketahui manfaat yoga untuk diabetes berikut ini yang dikutip dari Hellosehat :

Manfaat yoga untuk diabetes

Penyakit diabetes membuat insulin yaitu hormon yang mengatur kadar gula dalam darah, tidak bekerja dengan normal. Bila dibiarkan, gula darah akan semakin penumpuk menimbulkan gejala yang parah dan komplikasi. Nah, untuk itu para diabetesi perlu menjaga kadar gula darahnya tetap normal, salah satunya dengan cara olahraga.

Selain jogging, senam, atau bersepeda santai, diabetesi bisa menjajal yoga sebagai latihan fisik rajin. Beberapa manfaat yoga untuk diabetes, antara lain:

1. Menurunkan stres

Supaya gejala diabetes tidak sering kambuh dan semakin parah, Kamu perlu mengurangi stres. Penyakit apa pun itu akan semakin bertambah parah jikalau stres terus saja muncul.

Sama seperti olahraga lainnya, yoga dapat merangsang pelepasan hormon (endorfin) yang dapat membuat suasana hati jadi lebih baik dan mengurangi tingkat stres.

latihan yoga

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit diabetes rentan dengan penyakit jantung. Gerakan, latihan pernapasan, dan latihan kefokusan dari yoga bisa mengurangi stres, mengendalikan tekanan darah, dan kadar kolesterol dalam tubuh. Semua manfaat tersebut tentu akan meningkatkan kesehatan jantung. Itu artinya, risiko penyakit jantung pada diabetesi akan menurun.

Gaya Keren Gibran dan Kaesang Bertemu Raja Salman di Arab Saudi

3. Mengendalikan berat badan

Menjaga berat badan tetap ideal merupakan bagian dari misi diebetesi agar tubuhnya tetap sehat. Setiap gerakan yoga dapat membakar energi sehingga bisa mengendalikan berat badan.

Insiden Bulu Mata Palsu Lita MasterChef Indonesia Copot Bikin Ngakak

4. Meningkatkan kebugaran jasmani dan keseimbangan tubuh

Yoga melatih koneksi antara pikiran, pernapasan, dan gerak tubuh yang butuh konsentrasi tinggi. Hal ini dapat mengurangi kecemasan dan stres sehingga meningkatkan kesehatan jiwa. Selain itu banyak sekali pose yoga juga meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas, dan keseimbangan tubuh.

Keseimbangan tubuh yang baik menurunkan risiko terjatuh dan cedera. Diabetesi harus menghindari luka karena proses penyembuhannya membutuhkan waktu yang cukup lama.

(hel)

Comments