4 Latihan untuk Minimalisir Risiko Cedera Sendi di Usia 40-an

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

4 Latihan untuk Minimalisir Risiko Cedera Sendi di Usia 40-an

4 Latihan untuk Minimalisir Risiko Cedera Sendi di Usia 40-an

KEPONEWS.COM - 4 Latihan untuk Minimalisir Risiko Cedera Sendi di Usia 40-an SEIRING bertambahnya usia, fungsi tubuh bisa mengalami penurunan termasuk persendian. Seperti yang diketahui, orang tua sering kali mengalami radang sendi. Bila sudah terserang penyakit itu, mobilitas...

SEIRING bertambahnya usia, fungsi tubuh bisa mengalami penurunan termasuk persendian. Seperti yang diketahui, orang tua sering kali mengalami radang sendi. Bila sudah terserang penyakit itu, mobilitas sehari-hari menjadi terhambat. Mobilitas sendi merupakan kemampuan tubuh untuk mengakses semua rentang gerak dalam sendi.

Bila mobilitas itu terhambat, maka bisa terjadi nyeri. Di atas usia 40 tahun, cedera karena masalah sendi akan mengalami peningkatan. Penyebabnya karena otot dan sendi yang menguat. Dengan begitu kemampuan untuk bergerak bebas menjadi terbatas. Beruntung ada cara untuk menurunkan risiko tersebut yaitu dengan rajin berlatih.

Ada 4 gerakan yang bisa meningkatkan fungsi sendi sehingga kegiatan sehari-hari dapat dilakukan. Melansir Health, Kamis (27/9/2018), inilah gerakan tersebut :

Legging Seharga Rp588 Ribu Ini Buat Ribuan Orang Tertipu, Minat?

T-Spine joint


Latihan ini ditujukan khusus untuk meningkatkan mobilitas di tulang belakang bagian atas. Gerakannya hampir sama seperti dipijat. Langkah untuk melakukannya ialah duduk di depan rol busa sehingga bagian belakang punggung menempel. Kemudian lakukan gerakan memajumundurkan rol busa dengan mengandalkan kekuatan lengan dan punggung. Tahan masing-masing gerakan selama 5 detik.

Spine circles


Latihan ini membantu tubuh bergerak lebih bebas dari sisi ke sisi. Cara melakukannya mulai dengan tangan dan lutut. Selipkan tulang ekor dan dorong tulang belakang ke arah langit-langit, buat punggung dalam posisi seperti kucing. Ketika melakukan posisi ini panjangngkan leher sehingga indera pendengaran ke arah bisep. Kemudian buat lingkaran dalam pose ini dengan meremas semua otot di inti. Lalu membungkuk ke sisi kiri dengan menekan semua otot di sisi kiri tubuh. Selanjutnya tahan posisi selama dua detik, lalu kembali ke posisi semula. Ulangi untuk sisi kiri dan lakukan gerakan sebanyak lima repetisi.

End-range isometrics


Tujuan dari latihan ini merupakan meregangkan fleksor pinggul dan kemudian mengontraksikan otot di sekitar pinggul guna meningkatkan stabilitas. Langkah pertama untuk melakukannya ialah ambil posisi setengah berlutut dengan kaki sebelah kanan. Libatkan abs kemudian mengintensifkan lunge ke depan sehingga merasakan peregangan di bagian depan pinggul kiri. Setelah merasakan peregangan, kontraksikan otot-otot pinggul kiri. Tahan gerakan selama 10 detik. Lalu rilekskan otot-otot fleksor pinggul kemudian remas glutes selama 10 detik. Ulangi gerakan ke kaki sebelah kiri.

Viral Aksi Lucu Jusuf Kalla Main Tik Tok Bareng Cucu, Jogetnya Asik Banget!

Plantar flexion lift off


Latihan peregangan ini dapat membantu meningkatkan mobilitas pergelangan kaki khususnya di bagian depan sendi. Mulailah dengan tangan dan lutut dimana bagian atas kaki bersentuhan dengan matras. Sambil menjaga inti tetap terlibat, tekan bagian atas kaki ke dalam matras saat memanjangkan lutut. Kemudian remas paha bagian depan dengan gerakan menaham selama tiga detik dan perlahan turunkan kembali ke matras.

(dno)

Comments