4 Klenteng di Semarang, Destinasi Liburan Tahun Baru Imlek

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

4 Klenteng di Semarang, Destinasi Liburan Tahun Baru Imlek

4 Klenteng di Semarang, Destinasi Liburan Tahun Baru Imlek

KEPONEWS.COM - 4 Klenteng di Semarang, Destinasi Liburan Tahun Baru Imlek Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek, salah satu kota yang mulai dibanjiri wisatawan merupakan Semarang, Jawa Tengah. Karena di kota satu ini, Kamu bisa menemukan beberapa bangunan Klenteng yang terlih...

Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek, salah satu kota yang mulai dibanjiri wisatawan merupakan Semarang, Jawa Tengah. Karena di kota satu ini, Kamu bisa menemukan beberapa bangunan Klenteng yang terlihat semakin cantik pada momen perayaan Imlek.

Klenteng di Semarang dan Keunikannya

Meski sama-sama cantik, setiap klenteng di Semarang mempunyai daya tariknya masing-masing, mulai dari bentuk bangunan sampai sejarah dibuatnya. Apabila Kamu berencana ke Semarang, berikut merupakan beberapa klenteng yang bisa Kamu dikunjungi.

Klenteng Sam Poo Kong di Semarang, Jawa Tengah, saat perayaan Imlek 2019, Selasa (5/2/2019). [Adam Iyasa]Klenteng Sam Poo Kong di Semarang, Jawa Tengah, saat perayaan Imlek 2019, Selasa (5/2/2019). [Adam Iyasa]

1. Klenteng Sam Poo Kong

Jelang Imlek Pedagang Pernak-pernik Kebanjiran Orderan, Omzet Melesat hingga 100 Persen

Klenteng satu ini tentu sudah populer di kalangan wisatawan. Di samping bangunannya yang memang masih sangat terawat meski telah berumur ratusan tahun, klenteng ini juga menyimpan sejarah penjajahan dan toleransi antar agama.

Ketika menginjakkan diri di Sam Poo Kong, Kamu akan disambut dengan patung Laksamana Cheng Ho. Klenteng ini sendiri awalnya dibangun sebagai tanda penghormatan atas Laksamana Cheng Ho.

Di sekitar klenteng, Kamu juga akan menemukan banyak sekali bangunan lain yang akan membuat Kamu seperti sedang berada di China.

2. Klenteng Tay Kak Sie

Salah satu hal yang akan menarik perhatian Kamu saat berkunjung ke klenteng ini ialah adanya sepasang naga di atas atap yang seolah tengah memperebutkan matahari. Naga di sini dilambangkan sebagai penjaga klenteng dari banyak sekali hal buruk.

Prakiraan Cuaca Semarang Hari ini Rabu, 18 Januari 2023

Klenteng Tay Kak Sie kerap menggelar banyak sekali upacara keagamaan. Meski upacara ini diadakan oleh Umat Budha, siapa pun boleh ikut menyaksikannya. Upacara keagamaan ini bahkan menjadi daya tarik tersendiri dalam mengundang wisatawan.

Semakin menarik, di sekitar klenteng, tentu saja Kamu akan menemukan banyak ornamen yang berkaitan dengan agama Budha, Tao, dan Konfusianisme.

Suasana Kleteng Tay Kak Sie   jelang Imlek 2022.  [suara.com/Dafi  Yusuf]Suasana Kleteng Tay Kak Sie jelang Imlek 2022. [suara.com/Dafi Yusuf]

3. Klenteng Ling Hok Bio

Meski klenteng satu ini terbilang cukup kecil, kemegahan Ling Hok Bio tetap tidak bisa ditampik. Terletak di Gang Pinggir Pecinan, membuat suasana klenteng ini menjadi lebih hangat.

Ketika melintasinya, Kamu akan mencium aroma hio yang khas dan nyala api dari lilin yang tertata rapi. Klenteng Ling Hok Bio juga begitu menawan karena mempunyai tiang gagah dengan warna merah menyala.

Hanya saja, halaman parkir klenteng ini terbilang sempit. Jadi, sebaiknya Kamu berjalan kaki atau memakai kendaraan umum saat berkunjung ke sini.

4. Klenteng See Hoo Kiong

Pada 2005 lalu, Pemerintah Kota Semarang menobatkan Klenteng See Hoo Kiong sebagai bangunan keagamaan terbaik.

Salah satu keunikan klenteng di Semarang satu ini ialah tidak adanya perubahan yang signifikan semenjak dibangun pada tahun 1881 lalu. Meski begitu, sampai sekarang, bangunan See Hoo Kiong masih terlihat cantik dengan adanya pilar berwarna cokelat kayu dan tembok yang sedikit kusam.

Dibandingkan klenteng di daerah Pecinan lainnya, See Hoo Kiong terbilang cukup muda. Pasalnya, klenteng lainnya didirikan pada akhir tahun 1700-an hingga awal 1800-an.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Comments