4 Kisah pernikahan dengan mahar bacaan Alquran

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

4 Kisah pernikahan dengan mahar bacaan Alquran

4 Kisah pernikahan dengan mahar bacaan Alquran

KEPONEWS.COM - 4 Kisah pernikahan dengan mahar bacaan Alquran Pernikahan merupakan prosesi sakral yang dilalui sepasang laki-laki dan perempuan untuk meresmikan hubungannya secara hukum dan agama. Jelang pernikahan, banyak hal yang harus dipersiapkan calon penga...
Loading...

Pernikahan merupakan prosesi sakral yang dilalui sepasang laki-laki dan perempuan untuk meresmikan hubungannya secara hukum dan agama. Jelang pernikahan, banyak hal yang harus dipersiapkan calon pengantin, mulai dari kebutuhan acara, mengundang tamu, hingga menyiapkan mahar untuk pihak perempuan.

Sering kali mahar yang disiapkan dalam pernikahan berupa barang-barang yang berharga, mulai dari emas, mobil, hingga uang ratusan juta. Namun berbeda dengan kisah pernikahan sejumlah pasangan berikut ini. Di saat banyak pasangan yang menikah dengan mahar yang mewah, ada sejumlah pasangan yang memilih untuk melangsungkan pernikahannya dengan sederhana, termasuk dalam bentuk mahar yang disiapkan.

Salah satu bentuk kesederhanaan mahar ialah dengan mahar berupa bacaan Alquran yang dilantunkan oleh mempelai pria saat prosesi akad. Hal tersebut bisa saja dilakukan, karena, mahar tidak selalu harus berbentuk barang, melainkan bisa juga berupa bacaan Alquran.

Seperti apa kisahnya? Berikut rangkum 4 kisah pernikahan dengan mahar bacaan Alquran dari banyak sekali sumber, Sabtu (15/6) berikut ini.

1. Salahuddin dan Nur Awaliyah.

mahar bacaan alquran © 2019

foto: Instagram/@makassar_info

Seorang pria asal Gowa, Sulawesi Selatan menjadi viral usai mempersunting kekasihnya bernama Nur Awaliyah pada 13 Juni lalu. Ia mempersunting dambaan hatinya itu tanpa uang sebagai maharnya, melainkan dengan bacaan surah Ar-Rahman.

Di hadapan penghulu dan tamu undangan yang muncul, ia membacakan lantunan ayat surah Ar-Rahman disertai sebuah cincin emas. Menurutnya, mahar tersebut telah disepakati oleh kedua belah pihak keluarga, bahkan keluarga mempelai perempuan justru menyambut baik mahar bacaan Alquran tersebut. Tak ayal, banyak warganet yang memuji pasangan tersebut.

2. Hidayatullah dan Auliya Rahmi Fadhillah.

mahar bacaan alquran © 2019

foto: YouTube/@DodiHidayatullah

Seorang pemuda bernama Dodi Hidayatullah menikahi pujaan hatinya bernama Auliya Rahmi Fadhillah pada Juni 2011 lalu. Pernikahan mereka digelar dengan sederhana. Sebagai mahar, Dodi membacakan surah Ar-Rahman untuk menikahi Auliya. Ia malantunkan bacaan Alquran dengan suara yang merdu. Bahkan sejumlah tamu undangan yang muncul di masjid tempat berlangsungnya akad tersebut sampai mendengar bacaan Alquran yang dibaca Dodi. Pria asal Bandung tersebut merupakan seorang penyanyi yang juga aktif sebagai YouTuber.

3. Nur Hamid dan Polly Alexandria Robinson.

mahar bacaan alquran © 2019

foto: Instagram/@pollyoddsocks

Beberapa waktu yang lalu, pria asal Magelang bernama Nur Khamid menjadi viral usai menikahi seorang perempuan cantik asal Inggris bernama Polly Alexandria Robinson pada Desember 2018. Selain pernikahannya yang merupakan pernikahan lintas negara, ternyata ada hal menarik lain dalam pernikahan tersebut. Nur Khamid mengaku bahwa mahar pernikahannya dengan Polly adalah bacaan Alquran surah Al Fatihah dan ayat kursi. Seperti diketahui, Polly telah memutuskan menjadi mualaf sebelum menikahi Nur Khamid.

4. Maulana Yusuf dan Ghaitsa Zahira Shofa.

mahar bacaan alquran © 2019

foto: merdeka.com

Seorang pemuda bernama Maulana Yusuf meminang putri ketiga ustaz kondang KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym pada 7 Maret 2015 lalu. Pernikahan tersebut bergitu istimewa, sang mempelai pria tidak menyiapkan mahar berupa perhiasan ataupun uang, melainkan bacaan Alquran 30 juz yang dibaca secara hafalan. Hafalan 30 juz Alquran tersebut dibacakan sehari sebelum akad nikah digelar. Pembacaan Alquran tersebut berlangsung selama seharian penuh.

Recommended By Editor

Comments