4 Kiat Ampuh Menghilangkan Kebiasaan Boros

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

4 Kiat Ampuh Menghilangkan Kebiasaan Boros

4 Kiat Ampuh Menghilangkan Kebiasaan Boros

KEPONEWS.COM - 4 Kiat Ampuh Menghilangkan Kebiasaan Boros Kebiasaan boros sering menjadi permasalahan utama setiap orang. (Depositphotos) Kebiasaan boros sering menjadi permasalahan utama setiap orang. Ada saja godaan yang kerap membuat Kamu mudah mengeluark...
4 Kiat Ampuh Menghilangkan Kebiasaan Boros

Kebiasaan boros sering menjadi permasalahan utama setiap orang. (Depositphotos)

Kebiasaan boros sering menjadi permasalahan utama setiap orang. Ada saja godaan yang kerap membuat Kamu mudah mengeluarkan uang. Contohnya merupakan berbelanja atau nongkrong. Padahal kedua hal tersebut sebenarnya tidak terlalu penting.

Kebiasaan boros memang sulit diatasi. Namun, bukan berarti tidak bisa dihilangkan. Kamu bisa mulai mengurangi kebiasaan boros dengan mempraktekkan empat tips dari psikolog Ajeng Raviando. Bagaimana caranya? Simak di bawah ini:

1. Setop

Sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu, coba pahami secara matang perasaan Kamu. Berhenti sejenak lalu tarik nafas tiga kali dan hitung mundur sampai 10. "Cara ini bisa menghentikan dan membuat kita berpikir lebih fokus," ujar Ajeng Raviando.

2. Think

Pikirkan baik-baik seberapa perlu Kamu melakukan hal tersebut. Kamu bisa membagi kegiatan ke dalam empat kategori, yaitu important (penting atau tidak), critical (sangat penting dan mendesak), postponable (tidak penting dan bisa ditunda), dan time critical (tidak penting, tetapi mendesak).

Contohnya merupakan saat Kamu terjebak hujan di jalanan. Kamu tentu perlu membeli payung sehingga barang ini masuk kategori critical. Meskipun begitu, Kamu butuh memikirkan ulang keinginan membeli kopi karena jalanan hujan. Ini berarti kopi masuk kategori postponable.

3. Observe

Setelah memilih, Kamu masih perlu memikirkan kegunaan seperti apa yang dibutuhkan dari barang tersebut. "Barang ini penting untuk kebutuhan apa? Apakah kamu perlu atau ingin?," kata Ajeng Raviando. Misalnya bila Kamu ingin membeli baju hangat. Perhatikan bahan yang sesuai dengan kondisi kulit meski brand lain memberikan baju serupa dengan model unik namun bahan kasar.

4. Proceed

Langkah final ini menjadi penentu pengeluaran Kamu. Pilihlah tindakan yang sesuai dengan kondisi finansial saat sekarang. "Apakah membeli secara cash atau credit? Sekarang atau nanti? Ini semua harus diperhatikan," tutup Ajeng Raviando. Ingatlah untuk tidak memaksakan diri!

Itulah tips untuk mengurangi kebiasaan boros. Selamat mencoba dan mulailah hidup hemat!

Rekomendasi

Comments