4 Kebiasaan Tidur yang Bisa Bikin Gemuk

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

4 Kebiasaan Tidur yang Bisa Bikin Gemuk

4 Kebiasaan Tidur yang Bisa Bikin Gemuk

KEPONEWS.COM - 4 Kebiasaan Tidur yang Bisa Bikin Gemuk 1. Kamu tidak menjadikan tidur sebagai prioritas>> Penelitian membuktikan, orang-orang yang begadang membutuhkan asupan kalori hingga ratusan atau lebih. Bukan hanya karena terjaga lebih lama, t...
Loading...

1. Kamu tidak menjadikan tidur sebagai prioritas
>> Penelitian membuktikan, orang-orang yang begadang membutuhkan asupan kalori hingga ratusan atau lebih. Bukan hanya karena terjaga lebih lama, tapi tidur secara nyata mengendalikan hormon lapar. Bagi yang pengalaman bergadang, tentu sering merasa perut kosong, bukan? Jadi, semakin sedikit waktu tidur seseorang, semakin banyak dia akan mengisi perutnya.

2. Kamu tidak pernah mempunyai tidur berbobot
>> Tidur tepat waktu akan percuma kalau pada malam harinya sering terbangun. Rasa stres dan pusing dapat menyebabkan munculnya timbunan lemak di perut. Atasi masalah ini dengan cara memastikan segala sesuatunya beres sebelum Kamu pergi tidur. Apakah televisi sudah dimatikan, apakah tidak ada peralatan listrik yang masih menyala di ruangan lain di rumah, dan sebagainya. Hindari juga mengonsumsi minuman mengandung kafein atau alkohol sebelum tidur. Kecuali bila Kamu merupakan ibu dengan anak yang masih bayi, yang memang agak sulit mendapatkan tidur berbobot.

(Depositphotos)

(Depositphotos)

3. Kamu tidak bisa pergi tidur tanpa terlebih dulu mengonsumsi camilan
>> Satu sendok es krim sebelum tidur mungkin membantu Kamu tidur lebih nyenyak. Namun sesedikit apa pun, pada akhir pekan total kalori yang masuk ke tubuh Kamu tetap ratusan, atau bahkan lebih. Di sisi lain, tidak tepat juga bila Kamu membiarkan tubuh kelaparan saat pergi tidur. Ini justru akan membuat Kamu terjaga tengah malam, lalu mencari-cari makanan berat di dapur. Makan malamlah seperti biasa, dengan jumlah yang cukup dan pada waktu yang tepat.

4. Kamu menyetel tombol snooze pada alarm
>> Kamu ingin bangun pagi hari, maka memasang alarm di ponsel. Namun, Kamu tidak lupa menyetel tombol snooze (tidur sebentar), yang membuat Kamu tidak langsung bangun, melainkan tidur sebentar, dan sebentar lagi. Akhirnya Kamu tetap bangun terlalu siang dan secara tidak sengaja menyia-nyiakan cukup banyak waktu yang mungkin bisa diisi dengan melakukan aktivitas fisik yang lebih berguna dan lebih sehat. Misal, membereskan rumah atau menyiapkan sarapan. Kalau Kamu termasuk orang yang sulit bangun pagi, menghilangkan kebiasaan mengecek sosmed atau bermain game menjelang tidur bisa sedikit membantu.

Rekomendasi

Comments