4 Hal Wajib Dilakukan Saat Traveling dan Terjebak Aksi Teror

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

4 Hal Wajib Dilakukan Saat Traveling dan Terjebak Aksi Teror

4 Hal Wajib Dilakukan Saat Traveling dan Terjebak Aksi Teror

KEPONEWS.COM - 4 Hal Wajib Dilakukan Saat Traveling dan Terjebak Aksi Teror Rentetan ledakan bom yang terjadi di Surabaya, Jawa Timur pada Minggu, 13 Mei 2018 di tiga gereja dan berlanjut pagi tadi di Polrestabes Surabaya. Dari sejumlah kejadian itu, belasan orang dikabarkan...

Rentetan ledakan bom yang terjadi di Surabaya, Jawa Timur pada Minggu, 13 Mei 2018 di tiga gereja dan berlanjut pagi tadi di Polrestabes Surabaya. Dari sejumlah kejadian itu, belasan orang dikabarkan meninggal dan lainnya mengalami luka-luka.

Hal ini tentunya menimbulkan ketakutan bagi seluruh masyarakat. Sejumlah negara seperti Inggris, Singapura, Amerika Serikat hingga Australia telah mengeluarkan travel advice atau imbauan berpergian bagi warga negaranya yang ingin berkunjung ke Indonesia.

Giliran Australia Keluarkan Travel Advice Pasca Bom Surabaya

Lantas, bagaimana bila kita tengah berwisata di daerah yang tengah berada dalam ancaman teroris? Ini empat hal yang harus Anda lakukan, seperti dilansir dari Quartz.

1. Atur Rencana

Wisatawan harus memiliki rencana cadangan sebelum mereka meninggalkan rumah. Beritahu jadwal perjalanan Anda kepada keluarga atau rekan kerja sehingga mereka dapat melacak Anda ketika ada kabar buruk di daerah tujuan wisata Anda. Tetap terhubung dengan sesama wisatawan atau Kedutaan Besar Negara Anda agar lebih mudah berkomunikasi kalau tersesat atau terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

2. Cari Tempat Aman

Di tengah kebingungan selama atau setelah serangan, sebaiknya wisatawan kembali ke hotel dengan menggunakan taksi atau transportasi online untuk menghindari kekacauan. Hindari menggunakan angkutan umum atau bertahan di tempat kejadian.

Tetap aman di hotel sampai semuanya aman terkendali. Selain memberikan tempat bernaung, dan kemungkinan besar makanan dan koneksi internet, hotel-hotel memberikan wisatawan yang sedang panik dengan pelayanan yang menenangkan. Staf hotel biasanya berusaha melayani dengan baik untuk membantu tamu memahami situasi yang terjadi di negara atau wilayah mereka.

3. Pantau Informasi

Ikuti terus isu terbaru melalui media dan keterangan dari otoritas setempat. Wisatawan juga bisa memanfaatkan sosmed untuk mencari berita tambahan mengenai situasi dan kejadian.

Jikalau Anda tidak dapat menemukan berita lokal dalam bahasa Anda, Anda bisa menghubungi atau memantau situs kedutaan negara Anda. Biasanya, mereka mengumpulkan berita dari media lokal.

Polisi tangkap seorang pria yang mendekati lokasi bom di Mapolrestabes Surabaya.

4. Tetap Sabar

Bersiaplah untuk tetap tinggal untuk sementara. Otoritas lokal mungkin akan membutuhkan waktu untuk menyelesaikan kondisi di lapangan. Tetaplah berpegang pada rekomendasi mereka perihal kapan dan bagaimana Anda bisa pergi dengan aman.

Bersabarlah saat menjadwalkan ulang rencana perjalanan dan maskapai penerbangan mungkin akan sibuk. Anda lebih baik pergi ke kota besar terdekat untuk naik pesawat dari bandara lain atau menunda keberangkatan Anda. (ch)

3 Hal Ini Wajib Dilakukan Saat Ada di Lokasi Peristiwa Bom

Comments