4 Fakta Tentang Rahim yang Menarik Diketahui

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

4 Fakta Tentang Rahim yang Menarik Diketahui

4 Fakta Tentang Rahim yang Menarik Diketahui

KEPONEWS.COM - 4 Fakta Tentang Rahim yang Menarik Diketahui Rahim merupakan salah satu organ penting dalam tubuh perempuan. Seperti yang diketahui, rahim merupakan tempat janin berkembang selama masa kehamilan. Tapi lebih dari itu, ada sejumlah fakta menarik l...

Rahim merupakan salah satu organ penting dalam tubuh perempuan. Seperti yang diketahui, rahim merupakan tempat janin berkembang selama masa kehamilan.

Tapi lebih dari itu, ada sejumlah fakta menarik lainnya menyangkut rahim. Berikut ulasannya seperti yang Okezone rangkum dari The Sun, Kamis (9/5/2019):

Seukuran buah pir

Bagi yang belum tahu, rahim sebenarnya ialah organ kecil. Ukurannya tidak lebih besar dari buah pir atau sekepalan tangan. Namun memang ketika ada janin yang bertumbuh di dalamnya, rahim bisa membesar hingga ukurannya seperti semangka. Setelah bayi lahir, butuh waktu kira-kira selama 6 minggu untuk mengembalikan ukuran rahim seperti semula. Proses ini dikenal dengan istilah medis involusi.

Bisa berbentuk seperti hati

Ukuran rahim pada setiap perempuan bisa berbeda-beda, begitu juga dengan bentuknya. Pada beberapa perempuan, mungkin saja mereka mempunyai rahim yang berbentuk seperti hati atau istilah medisnya bicornuate. Namun bentuk rahim seperti itu tergolong langka, yaitu 1 banding 1.000. Penelitian menunjukkan, perempuan yang mempunyai rahim berbentuk hati berisiko lebih tinggi mengalami keguguran, kelahiran prematur, dan kelahiran sungsang.

Rahim berperan dalam kehidupan seks

Beberapa perempuan ada yang mengatakan kalau rahim dapat membuat hubungan seks menjadi lebih menyenangkan. Menurut seorang ob-gyn, rahim dapat memberikan sensasi tersendiri ketika perempuan mengalami orgasme. Ilmu pengetahuan memang tidak memaparkan secara rinci perihal peran rahim saat bercinta. Tapi mengingat adanya orgasme serviks, hal itu membuktikan kalau stimulasi seperti sentuhan tangan atau penis ke mulut rahim dapat memicu sensasi yang menyenangkan.

Rahim bisa berjumlah dua buah

Normalnya perempuan hanya mempunyai satu buah rahim. Namun kondisi bawaan langka yaitu uterus didelphys dapat membuat seorang perempuan mempunyai dua rahim yang berbeda. Kelainan ini bisa terjadi saat perkembangan janin. Perempuan dengan didelphys uterus juga mempunyai kemungkinan lahir dengan dua vagina. Penelitian mengatakan kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi kehamilan atau masalah kesuburan.

Di sisi lain, ada perempuan yang bisa lahir tanpa rahim. Kondisi ini membuat mereka tidak mungkin hamil meskipun mempunyai sel telur. Namun seiring berkembangnya ilmu pendidikan, para ahli terus berusaha mencari solusi. Salah satunya yang kini menjadi pertimbangan merupakan transplantasi rahim. Namun hal itu sangat sulit untuk dilakukan.

(tam)

Comments