4 Fakta Matt Wright, penyelamat buaya berkalung ban di Palu

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

4 Fakta Matt Wright, penyelamat buaya berkalung ban di Palu

4 Fakta Matt Wright, penyelamat buaya berkalung ban di Palu

KEPONEWS.COM - 4 Fakta Matt Wright, penyelamat buaya berkalung ban di Palu Buaya berkalung ban menarik perhatian publik, pasalnya upaya untuk melepaskan ban yang berkalung di leher sang buaya menyita banyak perhatian. Sebelumnya Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sula...
Loading...

Buaya berkalung ban menarik perhatian publik, pasalnya upaya untuk melepaskan ban yang berkalung di leher sang buaya menyita banyak perhatian. Sebelumnya Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tengah membuka sayembara untuk membebaskan buaya dari ban yang tersangkut di lehernya itu. Namun pada awal Februari lalu, BKSDA resmi menutup sayembara tersebut.

Dilansir dari liputan6.com, Minggu (16/2), Kepala BKSDA Sulteng, Hasmuni Hasmar mengungkapkan, sebelum resmi menghentikan sayembara yang sempat dibuka semenjak 28 Januari tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak KLHK khusus membahas sayembara itu.

Hasilnya, Kementerian LHK di Jakarta memutuskan akan membantu upaya penyelamatan buaya berkalung ban oleh BKSDA Sulteng dengan mengirim petugas dan tenaga ahli. Tenaga ahli yang disiapkan KLHK itu, Hasmuni memaparkan, bahkan berasal BKSDA dari semua provinsi di Indonesia.

"Benar, sayembara telah kami tutup. Ada petugas KLHK dan tim ahli lengkap dengan peralatan yang akan membantu kami (BKSDA Sulteng) untuk menyelamatkan buaya berkalung ban itu," ungkap Hasmuni kepada seperti yang dilansir dari liputan6.com.

Viralnya buaya berkalung ban di Sungai Palu tersebut menarik perhatian ahli reptil asal Australia, Matt Wright. Sebagai seorang yang paham dengan binatang buas, ia pun berusaha membantu. Matt telah mengunjungi langsung tempat asli buaya di sungai dan muara Sungai Palu bersama beberapa petugas BKSDA Sulteng pada Minggu (9/2).

Bahkan, saat berada di muara, Matt yang juga seorang pilot helikopter itu melihat penampakan buaya berkalung ban yang muncul sebentar. Matt sendiri pada Minggu siang kembali ke Jakarta untuk menyelesaikan persyaratan izinnya sebelum bergabung dalam tim penyelamat.

Akhirnya ia pun resmi bergabung dalam operasi penyelamatan buaya berkalung ban. Restu dari pemerintah itu tertuang dalam surat keputusan yang dikeluarkan Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tertanggal Senin, 10 Februari 2020.

Kehadiran Matt Wright menarik perhatian publik. Banyak dari mereka yang menanyakan siapa sebenarnya Matt Wright tersebut? Nah berikut ini beberapa fakta Matt Wright yang dilansir dari banyak sekali sumber, Minggu (16/2).

1. Pengisi acara National Geographic.

Fakta Matt Wright Instagram

foto: Instagram/@mattwright

Pemilik nama Matthew Nicholas Wright ini merupakan presenter atau pembawa acara National Geographic. Aksinya terhadap hewan liar pun terekam jelas dalam acara tersebut. Seperti yang diketahui, Matt memang sangat menyukai tantangan dan kerap menaklukkan hewan-hewan buas,

2. Telah menangkap puluhan buaya.

Fakta Matt Wright Instagram

foto: Instagram/@mattwright

Pria yang berasal dari Australia ini telah melakukan banyak aksi yang menegangkan. Ia juga telah melakukan banyak aksi menegangkan ketika menangkap buaya.

3. Sebagai pilot helikopter.

Matt Wright tampak menguasai banyak hal, ia mempunyai kemampuan menerbangkan helikopter. Kemampuan ini ia manfaatkan untuk membantu menyelamatkan hewan liar. Pasalnya dengan helikopter ia bisa mengakses area yang tidak mungkin dijangkau.

4. Mempunyai visi melindungi hewan liar.

Matt Wright mempunyai visi yang cukup mulia untuk melindungi hewan-hewan liar. Ia ingin melestarikan satwa liar, di mana ia ingin memindahkan hewan-hewan yang terancam hidupnya ke tempat yang lebih aman.

Mempunyai pengetahuan lebih mengenai dunia hewan serta keterampilannya dalam menguasai beberapa hal membuat Matt bisa menjelajahi banyak sekali tempat sehingga menjadi petualangan yang cukup menarik.

Recommended By Editor

Comments