4 Cara screenshot di HP Samsung, unik dan gampang

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

4 Cara screenshot di HP Samsung, unik dan gampang

4 Cara screenshot di HP Samsung, unik dan gampang

KEPONEWS.COM - 4 Cara screenshot di HP Samsung, unik dan gampang Handphone (HP) merupakan alat komunikasi yang semakin menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat modern. Handphone kini mempunyai peningkatan dan penambahan fasilitas seiring perkembangan teknologi. Sel...

Handphone (HP) merupakan alat komunikasi yang semakin menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat modern. Handphone kini mempunyai peningkatan dan penambahan fasilitas seiring perkembangan teknologi. Selain sebagai alat komunikasi, HP juga bisa menjadi tempat penyimpanan data ataupun pengingat.

Handphone kerap menyimpan beragam data penting. Data tersebut diperoleh melalui kiriman dari orang lain ataupun dari berita di internet. Jikalau mendapati berita baru dari internet, biasanya pengguna handphone bakalan menyimpan data tersebut lewat cuplikan layar atau tangkapan layar (screenshot).

Screenshot di handphone jadi fasilitas yang bisa memenuhi kebutuhan penggunanya. Apalagi setiap handphone mempunyai fasilitas tangkapan layar yang digunakan dengan mudah. Screenshot ialah suatu gambar yang diambil dari komputer atau HP untuk merekam tampilan yang tampak pada layar atau keluaran visual lainnya.

Bila dulu kita membutuhkan perangkat lain untuk mengambil gambar yang ada pada layar perangkat, maka saat ini kita hanya perlu memakai fasilitas screenshot. Sekarang ini, fasilitas screenshot kerap jadi andalan kalau menemukan berita atau gambar unik dari layar handphone. Screenshot ini telah tersedia di Android ataupun iPhone.

Screenshot tentu sudah menjadi fungsi yang cukup vital bagi penggunanya, tak terkecuali pengguna Android. Setiap HP mempunyai cara yang berbeda untuk mengambil screenshot, termasuk HP keluaran Samsung. Tak sedikit pengguna Samsung yang kesulitan mencari fasilitas screenshot pada handphone Samsung.

Ternyata handphone Samsung mempunyai cara sendiri dalam pengambilan tangkapan layar (screenshot). Nah, berikut beberapa cara screenshot di HP Samsung yang rangkum dari banyak sekali sumber, Selasa (20/11).

1. Memakai tombol shortcut.

foto: freepik

Memakai tombol shortcut untuk mengambil screenshot sebenarnya telah dimiliki oleh kebanyakan smartphone Android non Samsung.Tombol shortcut ini mengandalkan tombol fisik pada handphone.

Tombol shortcut ini biasanya disenangi oleh sebagian orang yang tidak terlalu menyukai motion gesture controls atau gerakan sentuhan pada layar. Bila dibandingkan dengan gesture control, cara ini lebih mudah karena tidak membutuhkan beberapa kali latihan. Sehingga, pengguna tidak salah dan sangat lancar dalam mempraktikkannya.

Untuk mengambil tangkapan layar di Samsung memakai tombol shortcut, pertama-tama kamu bisa menekan tombol power serta tombol home secara bersamaan atau dalam satu waktu. Setelahnya, kamu harus menahan penekanan cara ini selama beberapa detik sampai terdengar suara "cekrek". Kemudian tangkapan layar akan muncul. Perhatikan notifikasi yang muncul. Saat menekan tombol short cut, handphone akan terasa bergetar.

Cara ini berlaku untuk hampir semua seri Galaxy, kecuali Samsung Galaxy S8, S8 Plus, dan seri di atasnya yang tidak mempunyai tombol home fisik. Sehingga beberapa HP tersebut mempunyai metode sendiri dalam pengambilan screenshot.

Bila pada HP Samsung yang tak mempunyai tombol fisik, maka cara ini diganti dengan menekan tombol Power serta tombol volume down sebagai pengganti tombol home secara bersamaan.

Cukup tekan dan tahan selama beberapa detik seperti cara di atas sampai muncul notifikasi bahwa kamu berhasil mengambil screenshot.

2. Menyapu layar.

foto: freepik

Fasilitas mengambil screenshot dengan cara menyapu layar ini hanya terdapat pada beberapa seri Samsung saja. Beberapa di antaranya seri Galaxy 4 ke atas dan seri Galaxy Note 3 ke atas, atau dengan kata lain seluruh seri yang dikeluarkan di atas tahun 2013.

Kalau perangkat yang kamu miliki telah menyokong fasilitas menyapu layar, tentu kamu harus memastikan bahwa perangkatmu sudah mengaktifkan fasilitas tersebut. Untuk mengaktifkan fasilitas ini, pertama-tama kamu bisa membuka menu settings atau pengaturan. Dalam pengaturan, pilih kategori "motions and gestures", kemudian centang pilihan "palm swip to capture box."

Setalah fasilitas ini telah aktif maka yang harus kamu lakukan selanjutnya ialah letakkan telapak tangan secara vertikal di salah satu sisi layar.

Kalau kamu telah melupakan posisi itu, secara perlahan geser lengan ke arah horizontal ponsel atau menyamping ke sisi satunya seperti mesin scan foto.

Kalau kamu melakukan cara ini dengan benar, maka akan terdengar bunyi "cekrek" atau gerakan pada perangkat, atau bisa juga muncul pemberitahuan yang menandakan kamu berhasil mengambil tangkapan layar. Hasil tangkapan layar akan secara otomatis disimpan ke gallery.

Comments