4 Cara Mudah Cek Ikan Berformalin, Hati-Hati Kena Kanker kalau Mengonsumsi!

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

4 Cara Mudah Cek Ikan Berformalin, Hati-Hati Kena Kanker kalau Mengonsumsi!

4 Cara Mudah Cek Ikan Berformalin, Hati-Hati Kena Kanker kalau Mengonsumsi!

KEPONEWS.COM - 4 Cara Mudah Cek Ikan Berformalin, Hati-Hati Kena Kanker kalau Mengonsumsi! PERNAHKAH terlintas di benak Kamu, mengapa para ahli kesehatan merekomendasikan konsumsi ikan segar, atau yang baru diciduk dari habitatnya? Usut punya usut, para distributor ikan di sejumlah negara t...
Loading...

PERNAHKAH terlintas di benak Kamu, mengapa para ahli kesehatan merekomendasikan konsumsi ikan segar, atau yang baru diciduk dari habitatnya? Usut punya usut, para distributor ikan di sejumlah negara ternyata memakai zat kimia berbahaya untuk mengawetkan bahan makanan tersebut.

Jangan kaget, zat kimia yang mereka gunakan juga digunakan oleh rumah sakit untuk mengawetkan mayat dan mencegah pembusukan. Praktik seperti ini sebetulnya masih sering ditemui di negara-negara berkembang seperti India, dan bahkan Indonesia.

Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat, pemerintah telah menghimbau masyarakat untuk selalu memperhatikan kualitas serta asal usul bahan makanan yang mereka konsumsi. Terutama dalam kasus penggunaan formalin pada ikan.

Kelakukan Suami saat Serena Williams Bertanding Mencuri Perhatian Penggemar

Seperti diketahui, formalin merupakan salah satu bahan kimia yang sangat berbahaya karena bersifat karsinogenik pada tubuh manusia. Zat kimia ini ialah disinfektan yang sering digunakan rumah sakit untuk mengawetkan mayat dan juga hewan mati.

Tidak hanya itu, formalin atau fromaldehyde merupakan senyawa kimia sederhana yang digunakan untuk memproduksi kayu komposit dan keperluan manufaktur lainnya seperti lemari, lantai, rak, tangga, pupuk, rokok, plastik, hingga kertas. Lalu, mengapa senyawa kimia ini digunakan pada produk makanan laut seperti ikan?

Dilansir dari Times of India, Kamis (26/7/2018), formalin disuntikkan pada ikan untuk memperpanjang umur simpan, mengingat proses pendistribusian bahan makanan ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, formalin juga dipercaya dapat menekan pengeluaran perusahaan karena harganya yang cenderung terjangkau dibandingkan es batu.

Bukan Hoax, 5 Jenazah Ini Benar-Benar Masih Utuh!

Namun, alasan utama penggunaan formalin sendiri sebetulnya untuk menjaga warna insang ikan agar tidak berubah menjadi merah marun (mengalami pembusukan).

(mrt)

Comments