4 Cara Mencegah Terkena Demam Berdarah

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

4 Cara Mencegah Terkena Demam Berdarah

4 Cara Mencegah Terkena Demam Berdarah

KEPONEWS.COM - 4 Cara Mencegah Terkena Demam Berdarah Penyakit demam berdarah (DBD) merupakan penyakit daerah tropis yang disebabkan oleh virus dengue karena gigitan nyamuk Aedesagypti. Untuk menghindari DBD, penting untuk diketahui bahwa nyamuk ini lebi...

Penyakit demam berdarah (DBD) merupakan penyakit daerah tropis yang disebabkan oleh virus dengue karena gigitan nyamuk Aedesagypti. Untuk menghindari DBD, penting untuk diketahui bahwa nyamuk ini lebih banyak menyerang pada siang hari dari pada malam hari.

Oleh alasannya adalah itu kemungkinan digigit nyamuk ini tinggi di siang hari. Demam berdarah menyebar ketika orang yang terkena demam berdarah digigit oleh nyamuk dan nyamuk itu menggigit orang lain.

nyamuk demam berdarah

Dikutip dari pharmeasy, demam berdarah menyebabkan gejala seperti suhu tubuh tinggi, setinggi 104 F, nyeri sendi dan otot yang hebat, nyeri di belakang mata, mual dan atau muntah, sakit kepala parah, dll.

Belum ada vaksinasi yang tepat untuk demam berdarah dan semua vaksin sedang dalam fase pengembangan. Hal ini merupakan kesulitan bagi orang-orang untuk menghindarinya dan untuk merawat seseorang yang terkena demam berdarah. Pengobatan demam berdarah baru pada tahap meredakan gejala, belum mengobati penyakitnya.

Berikut 4 cara menghindari demam berdarah:

1. Mengurangi tempat asli nyamuk

Nyamuk yang mengakibatkan demam berdarah berkembang biak di genangan air yang berisi benda-benda seperti ban, penutup plastik, pot bunga, mangkuk air hewan peliharaan, dll. Mengurangi tempat asli yang tersedia untuk nyamuk ini (dengan membuang genangan air untuk berkembang biak) dapat membantu mencegah demam berdarah.

2. Tinggal di rumah yang tertutup rapat

Pastikan jendela ditutup dengan benar atau sekat pintu tidak mempunyai lubang apa pun. Ini akan menghilangkan kemungkinan nyamuk masuk ke dalam rumah.

3. Gunakan obat penolak nyamuk

Memakai obat penolak nyamuk, terutama di daerah tropis dengan populasi dan keramaian yang tinggi, dapat membantu mengusir nyamuk yang menggigit kamu. Oleskan krim anti nyamuk pada tubuh kamu saat bepergian ke tujuan tropis dan bahkan saat kamu berada di dalam ruangan.

4. Kenakan pakaian pelindung

Untuk menghindari gigitan nyamuk, seseorang dapat memakai pakaian lengan panjang dan celana panjang dengan kaus kaki & sepatu tertutup. Sangat disarankan untuk memakai jenis pakaian pelindung khusus di daerah yang terdampak demam berdarah.

Selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter apabila kamu merasa mempunyai gejala demam berdarah. Dokter akan dapat mendiagnosis apakah kamu menderita demam berdarah atau gejala dari penyakit lain.

(DRM)

Comments