4 Bangunan Asli Indonesia yang Diadopsi Negara Lain

Unik

Ragam / Unik

4 Bangunan Asli Indonesia yang Diadopsi Negara Lain

4 Bangunan Asli Indonesia yang Diadopsi Negara Lain

KEPONEWS.COM - 4 Bangunan Asli Indonesia yang Diadopsi Negara Lain Banyak bangunan di Indonesia yang mirip dengan bangunan terkenal di luar negeri seperti patung Merlion di Batam, daerah Paris Van Java yang mirip di Paris atau bahkan Monumen Simpang Lima Gumul, Kedir...


Banyak bangunan di Indonesia yang mirip dengan bangunan terkenal di luar negeri seperti patung Merlion di Batam, daerah Paris Van Java yang mirip di Paris atau bahkan Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri yang sangat mirip dengan Arc de Triomphe. Namun demikian bukan berarti bangunan asli Indonesia tidak diadopsi oleh negara lain. Ternyata ada bangunan-bangunan khas suku di Indonesia yang berada di luar negeri. Mereka mengadopsinya karena bangunan tersebut memiliki bentuk yang unik dan menarik.

Berikut ialah 4 Bangunan Asli Indonesia Yang Diadopsi Negara Lain seperti yang dikutip dari travelingyuk.com.

1. Rumah Gadang di Belanda

Bangunan dengan model serupa bisa kalian jumpai kala berkunjung ke Taman Efteling yang terletak di Kaatsheuvel. Para pengunjung yang datang ke taman hiburan tersebut akan langsung disambut oleh sebuah bangunan yang mirip dengan rumah Gadang yang tidak lain merupakan sebuah gerbang menuju taman. Gerbang ini sangat populer dan diberi nama The House of 5 Senses, model bangunannyapun diilhami dari rumah tradisional Minangkabau.

2. Pura Bali di Belgia


Siapa sangka kalau Pura di Bali yang begitu terkenal bisa dijumpai di negeri orang. Di Belgia terdapat sebuah taman yang merefleksikan Indonesia dalam ukuran yang mini. Taman tersebut bernama The Kingdom of Ganesha. Nama tersebut dipilih sebagai penghargaan dan kehormatan untuk bangsa Indonesia.

Cobalah masuk ke dalam taman, suasana yang Indonesia banget akan langsung nampak di sana. Yang paling mengejutkan ialah adanya Pura Agung Shanti Buwana yang terkenal di Bali juga ada di taman ini bahkan dalam ukuran yang sama. Tidak hanya itu saja pura ini dibangun di atas sawah bertingkat ala sawah di Ubud. Keren!

5 Tiang Bendera Paling Tinggi di Dunia

3. Rumah Istiadat Batak di Jerman


Kita patut berbangga hati menjadi bagian dari warga negara Indonesia yang memiliki beragam suku dan budaya. Tak sedikit kebudayaan Indonesia yang diakui dunia. Salah satunya kebudayaan yang dimiliki oleh suku Batak berupa rumah adatnya yang unik. Rumah tata cara suku Batak tidak hanya dapat dijumpai di Indonesia saja lho. Cobalah untuk datang ke Kota Waperloh, negara bagian Niedersachsen, Jerman Utara. Anda akan tercengang melihat rumah tata cara Batak berdiri tegak di sana.

Rumah istiadat Batak yang ada di Jerman ini sudah ada semenjak tahun 1978 dan dibangun atas inisiatif pastor Matthus. Kini rumah khas salah satu suku di Indonesia ini berfungsi sebagai museum dan menjadi objek wisata bagi masyarakat Jerman.

4. Rumah Tradisional Minangkabau di Rotterdam


Nampaknya Belanda ialah negara yang paling terilhami dengan bangunan khas Indonesia. Setelah taman Efteling yang mengadopsi bentuk rumah Gadang sebagai gerbang taman bermainnya, bangunan model serupa juga dapat ditemui di Kralingse Bos sebuah hutan kota di Rotterdam. Bangunan yang terinspirasi dari rumah istiadat Minangkabau ini ternyata ialah sebuah restoran bernama Indisce Restaurant. Meski memiliki model rumah Gadang namun makanan yang tersaji di sana bukan makanan padang namun kebanyakan menu orang bule.

Nah, itulah 4 Bangunan Asli Indonesia Yang Dijiblak Negara Lain. Sebagai orang Indonesia kita patut berbangga hati ternyata kebudayaan Indonesia banyak diakui oleh dunia. Dengan makin banyaknya bangunan bercita rasa Indonesia di luar negeri semoga membuat Indonesia makin terkenal dan banyak wisatawan yang berkunjung ke negeri tercinta ini.

Comments