4 Alat untuk Mendeteksi dan Mengukur Radiasi Radioaktif

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

4 Alat untuk Mendeteksi dan Mengukur Radiasi Radioaktif

4 Alat untuk Mendeteksi dan Mengukur Radiasi Radioaktif

KEPONEWS.COM - 4 Alat untuk Mendeteksi dan Mengukur Radiasi Radioaktif JAKARTA - Kepala Bagian Komunikasi Publik dan Protokol Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Abdul Qohhar mengungkapkan ada beberapa macam alat untuk mendeteksi dan mengukur radiasi radioaktif. Seti...
Loading...

JAKARTA - Kepala Bagian Komunikasi Publik dan Protokol Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Abdul Qohhar mengungkapkan ada beberapa macam alat untuk mendeteksi dan mengukur radiasi radioaktif.

Setidaknya ada empat alat yang ia sebutkan. Fungsi dari masing-masing alat adalah untuk mendeteksi area yang terpapar radiasi hingga mengetahui kandungan atau unsur radioaktif yang mencemari.

Pertama ada survey meter, ini fungsinya untuk mengetahui radiasi di suatu area. Bentuknya ada bermacam-macam, kata Abdul kepada Okezone, Rabu (19/2/2020).

Kemudian ada monitor kontaminasi, fungsinya untuk mengetahui apakah ada kontaminasi di suatu permukaan. Setelah radiasi radioaktif terdeteksi di suatu area, alat ini diharapkan untuk mengetahui seberapa besar penyebaran kontaminasi.

4 Alat untuk Mendeteksi dan Mengukur Radiasi Radioaktif

Sama seperti survey meter, Abdul menyebutkan bahwa bentuk dan jenisnya ada bermacam-macam. Ada yang muncul dalam bentuk besar dan kecil yang hanya perlu digenggam.

Lebih lanjut, untuk mengetahui kandungan radiasi radioaktif yang mencemari lingkungan ada identity finder.

Dari namanya itu bisa diketahui, alat ini untuk mengidentifikasi unsur radionuklida-nya, jelas Abdul.

Terakhir ada personal dosimeter. Menurut Abdul, alat ini untuk melengkapi petugas yang bekerja di daerah radiasi. Alat tersebut digunakan untuk mengetahui seberapa besar dosis yang terpapar.

(amr)

Comments