4 Alasan Mengapa Kita Harus Sarapan Setiap Pagi

Trending

Fun / Trending

4 Alasan Mengapa Kita Harus Sarapan Setiap Pagi

4 Alasan Mengapa Kita Harus Sarapan Setiap Pagi

KEPONEWS.COM - 4 Alasan Mengapa Kita Harus Sarapan Setiap Pagi Manfaat Sarapan - Fakta menunjukkan bahwa sebagian dari kita ada yang selalu mengawali hari dengan kondisi perut kosong. Ada yang beralasan karena tidak mempunyai cukup waktu untuk makan pagi, ada jug...
Manfaat Sarapan - Fakta menunjukkan bahwa sebagian dari kita ada yang selalu mengawali hari dengan kondisi perut kosong. Ada yang beralasan karena tidak mempunyai cukup waktu untuk makan pagi, ada juga yang berpikir bahwa kebiasaan sarapan hanya akan membuat badan jadi gemuk. mbakminah/kesehatan
sarapan, makan pagi, sarapan sehat, manfaat sarapan Ilustrasi Sarapan Sehat di Pagi Hari (Foto: awesconutrition)
Mereka yang beranggapan bahwa sarapan tidak penting justru salah. Riset di Harvard University AS menunjukkan, orang yang teratur sarapan mempunyai kecenderungan hingga 50 persen tidak mengalami kegemukan daripada mereka yang melewatkan makan di pagi hari.

5 Cara Mudah Menambah Berat Badan yang Sehat


Nah, supaya kamu lebih paham manfaat dari sarapan, berikut ini ialah penjelasan mengapa makan pagi memberi kebaikan bagi tubuh dan juga kesehatan:

Manfaat Sarapan Bagi Tubuh dan Juga Kesehatan
1. Sarapan Bisa Memenuhi Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh Menunda sarapan membuat kamu jadi sulit mendapatkan asupan nutrisi serta vitamin yang direkomendasikan. Menu sarapan seperti sereal dengan susu atau yogurt rendah lemak ditambah granula akan memberi kamu cukup kalsium serta serat.

2. Sarapan Bisa Menurunkan Berat Badan Ketika kamu beraktivitas dengan keadaan perut kosong, tubuh akan membakar kalori secara lambat. Menurut ahli nutrisi sekaligus penulis buku 'The F-Factor Diet' Tanya Zuckerbrot, sarapan pagi setelah perut kosong semalaman bisa meningkatkan metabolisme. Itu berarti pembakaran kalori sepanjang hari menjadi lebih efisien. Tetapi Zuckerbrot menekankan bahwa kunci dari semuanya merupakan jenis makanan yang kita konsumsi di pagi hari.

Makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana seperti donat akan membuat glukosa naik, lalu turun drastis. Ini juga yang menyebabkan kamu merasa lapar pada jam 11-an.

Cara yang lebih baik ialah dengan mengonsumsi jenis berkarbohidrat kompleks seperti oatmeal atau roti gandum murni. Makanan dengan kadar serat tinggi dan rendah gula akan dicerna dengan lambat, sehingga menyediakan energi yang konstan dan membuat kamu tidak cepat lapar.

3. Sarapan Tingkatkan Kemampuan Otak Penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Universitas Swansea Wales membuktikan bahwa pelajar yang selalu sarapan membukukan rata-rata skor 22 persen lebih tinggi daripada rekannya yang tidak sarapan.

Ketika kamu bangun pagi, sebagian besar energi dalam bentuk glukosa dan glikogen sudah habis terkuras oleh aktivitas sehari sebelumnya. Menurut para ahli, glukosa ialah satu-satunya bahan bakar yang dibutuhkan otak. Tanpa glukosa yang cukup, kamu akan merasa mudah lelah dan berkunang-kunang.

4. Perlindungan Terhadap Sakit Jantung. Studi juga menunjukkan, wanita sehat yang melewatkan sarapan selama dua pekan mempunyai kadar kolesterol buruk (LDL) lebih tinggi daripada mereka yang mengonsumsi semangkuk sereal plus susu di pagi hari.

Zuckerbrot memaparkan, serat bisa mengikat kolesterol dan mempercepat eksresinya sebelum mencapai pembuluh arteri. Oleh karena itu juga, penelitian 10 tahun yang dilakukan Harvard Nurses Health menyimpulkan bahwa asupan serat tinggi berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung hingga 50 persen.

6 Kebiasaan Ini Ternyata Malah Bisa Bikin Gemuk

Tips Makan Pagi atau Sarapan sehat:
Sarapan sebaiknya mengandung sekurang-kurangnya 5 gram serat, satu hidangan kalsium (setara dengan segelas susu atau yogurt) plus protein dan juga lemak. Batasi asupan gula hingga 6 gram (satu sendok setara 4 gram). Jikalau tidak ada waktu sarapan di rumah, kamu bisa membawa roti isi dan susu untuk dinikmati di perjalanan atau pun setibanya di tempat kerja. Telur merupakan bahan makanan yang relatif praktis dan mudah untuk disajikan. Kandungan nutrisi dalam telur seperti vitamin A, B2, B6, B12, zat besi, kalsium, kalium, dan zat lainnya, sangat dibutuhkan tubuh kita. Agar bervariasi, kita bisa mengonsumsi buah favorit untuk memenuhi kebutuhan vitamin bagi tubuh. Jikalau ada waktu di malam hari, buatlah jus buah yang dicampur yogurt atau susu kemudian simpan di lemari es untuk dikonsumsi pagi harinya. Bila kamu selalu tidak merasa lapar saat pagi hari, Zuckerbrot menyarankan supaya kamu menghentikan makan setelah pukul 20.00 malam hari. Setelah dua atau tiga pekan ke depan, jam biologis nafsu makan kamu akan berubah. Setiap bangun pagi hari, kamu akan jadi merasa lapar.
Contoh Menu Sarapan Sehat yang Praktis dan Mudah Disajikan: sarapan sehat, telur, kacang merah, menu sarapan
menu sarapan, yogurt, sarapan sehat
sereal, sarapan sehat, kismis, menu sarapan
roti gandum, telur, sarapan sehat, menu sarapan
sarapan sehat, menu sarapan, roti gandum
pisang, buah pisang, menu sarapan, sarapan sehat

Ayo Sarapan!

Comments