3 Trik Simpel Menggoreng Makanan Supaya Tak Lengket di Wajan

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

3 Trik Simpel Menggoreng Makanan Supaya Tak Lengket di Wajan

3 Trik Simpel Menggoreng Makanan Supaya Tak Lengket di Wajan

KEPONEWS.COM - 3 Trik Simpel Menggoreng Makanan Supaya Tak Lengket di Wajan Memasak sarapan sebelum bekerja ialah hal yang luar biasa. Salah satu menu sederhana yang sering dimasak untuk sarapan merupakan telur orak-arik karena mudah dan tidak membutuhkan waktu banyak. Namun...
Loading...

Memasak sarapan sebelum bekerja ialah hal yang luar biasa. Salah satu menu sederhana yang sering dimasak untuk sarapan merupakan telur orak-arik karena mudah dan tidak membutuhkan waktu banyak.

Namun memasak sarapan bisa menjengkelkan ketika telur orak-arik lengket di wajan seperti cat dan meninggalkan noda gosong serta kerak di wajan. Cara yang biasa dilakukan ialah dengan memasaknya dengan wajan antilengket, namun banyak panci antilengket yang karena terlalu sering digunakan atau salah penggunaannya justru menyebabkan lapisan antilengketnya terkelupas sehingga membuat makanan rentan menempel.

Lalu mengapa memasak seperti telur atau ikan sangat mudah menempel di wajan? Alasannya ternyata karena makanan tersebut membentuk ikatan kimia dengan wajan. Jadi untuk mencegah hal itu terjadi, Kamu akan membutuhkan semacam pelumas, seperti minyak atau mentega, yang berfungsi sebagai penahan antara wajan dan makanan Kamu. Kalau Kamu tidak memilikinya bisa meningkatkan risiko terbentuknya ikatan kimia dan makanan Kamu menjadi lengket.

Nah, berikut ini tiga cara yang harus Kamu lakukan untuk mencegah terjadinya lengket saat menggoreng makanan di wajan, seperti dilansir dari My Recipes.

1. Bumbui wajan

Jikalau Kamu tidak memakai wajan antilengket, Kamu harus memastikan wajan Kamu dibumbui untuk membentuk lapisan pelindung yang dapat bertindak sebagai penahan dan mencegah makanan dari lengket. Melakukannya pun sangat mudah, dengan menggosok wajan dengan sedikit minyak canola atau minyak nabati (dibutuhkan minyak netral) dan masukkan ke dalam oven dengan suhu 425 derajat F selama 30 menit atau lebih. Lakukan beberapa kali untuk membuat lapisan tersebut.

2. Pastikan wajan panas

image_title

Cara Mudah Memakai Wajan Agar Lebih Awet

image_title

Agar Awet, Ini Tips Bersihkan Wajan Cast Iron

image_title

Cara Mudah Bersihkan Noda Membandel pada Wajan Anti Lengket

Makanan yang dimasak dalam wajan dan minyak panas sebenarnya akan melindungi wajan dengan lapisan uap. Uap ialah hasil dari air yang dipanaskan di atas 212 derajat F, jadi kalau Kamu memasak dalam suhu dan minyak tidak panas akan membuat makanan lengket di wajan.

Ilustrasi wajan anti lengket atau teflon

3. Keringkan makanan

Mengeringkannya akan mengurangi kemungkinan makanan lengket di wajan. Bila makanan sangat basah, Kamu harus menguapkan lebih banyak air dari permukaan untuk mendapatkan penahan uap. Jadi semakin kering makanannya, semakin baik.

Setelah menguasai teknik ini, Kamu tidak perlu bergantung pada wajan antilengket untuk memasak. Kamu akan suka menggoreng telur dalam wajah biasa, membuat roti panggang di wajan stainless steel, atau bahkan membalikkan pancake dalam wajan karbon. (ldp)

Loading...
Loading...

Comments