3 Tips Mudah Mulai Kebiasaan Konsumsi Makanan Gizi Seimbang, Yuk Wujudkan Resolusi Tahun Baru!

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

3 Tips Mudah Mulai Kebiasaan Konsumsi Makanan Gizi Seimbang, Yuk Wujudkan Resolusi Tahun Baru!

3 Tips Mudah Mulai Kebiasaan Konsumsi Makanan Gizi Seimbang, Yuk Wujudkan Resolusi Tahun Baru!

KEPONEWS.COM - 3 Tips Mudah Mulai Kebiasaan Konsumsi Makanan Gizi Seimbang, Yuk Wujudkan Resolusi Tahun Baru! Pemenuhan gizi seimbang seharusnya menjadi hal penting yang disadari setiap orang demi memastikan kesehatan tubuh tetap terjaga. Tidak sedikit yang menjadikan diet dan makan sehat sebagai resolusi tah...

Pemenuhan gizi seimbang seharusnya menjadi hal penting yang disadari setiap orang demi memastikan kesehatan tubuh tetap terjaga. Tidak sedikit yang menjadikan diet dan makan sehat sebagai resolusi tahun baru.

Sayangnya, kata Dokter Gizi, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK banyak orang menganggap mengonsumsi makanan sehat merupakan salah satu langkah yang sulit dan mahal.

Padahal kata dia, salah satu langkah utama ketika ingin mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang merupakan dengan mencari bahan-bahan yang mudah ditemukan dalam keseharian.

"Kita harus berpikir juga bahwa konsep makan sehat itu tidak hanya sehat tapi juga sustainable atau berkelanjutan. Sehingga yang kita konsumsi harusnya mudah ditemukan di keseharian kita. Bisa disediakan setiap hari," ujar dia dalam acara bersama Tokopedia di Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Diperingati Tiap Tanggal 25 Januari, Tahukah Kamu Apa Itu Gizi Seimbang?

Untuk memudahkan masyarakat yang ingin memulai gaya hidup sehat seimbang di awal tahun ini, dr. Juwalita pun memberikan tips sederhana yang bisa diikuti. Berikut daftarnya.

1.Utamakan sumber bahan pangan lokal

Berdayakan dahulu sumber bahan makanan yang ada di sekitar kita dan mudah dicari sehari-hari. Misalnya, banyak sekali sumber karbohidrat yang mudah ditemukan di Indonesia selain nasi, misalnya umbi-umbian atau makanan berbahan singkong.

Ilustrasi diet dengan gizi seimbang, pola makan sehat, panduan makan dengan gizi seimbang. (Shutterstock)Ilustrasi diet dengan gizi seimbang, pola makan sehat, panduan makan dengan gizi seimbang. (Shutterstock)

2. Sesuaikan sumber bahan pangan sesuai dengan kriteria gizi seimbang

Agar pola makan lebih seimbang, perhatikan asupan serat terutama dari sayur dan buah. Batasi gula, garam dan minyak, serta rajin memantau berat badan.

Hari Gizi Nasional: Kesadaran Masyarakat Indonesia Akan Makanan dan Minuman Sehat Meningkat, Ini yang Paling Diminati

"Pastikan mengonsumsi makanan dalam kadar seimbang, adalah antara sumber energi, lauk pauk, sayuran dan buah, tambah dr. Juwalita.

3. Perbanyak protein hewani atau nabati

Menurut Kemenkes RI, standar angka kecukupan protein bagi masyarakat Indonesia ialah 60 gram per hari untuk perempuan dan 65 gram per hari bagi laki-laki.

Protein diharapkan tubuh untuk mengganti sel-sel yang rusak. Indonesia terkenal dengan sumber protein nabati, mulai dari tahu, tempe, kacang-kacangan dan lain-lain, tutup dr. Juwalita.

Comments