3 Tips Hindari Pencurian Uang Bermodus Google Calendar

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

3 Tips Hindari Pencurian Uang Bermodus Google Calendar

3 Tips Hindari Pencurian Uang Bermodus Google Calendar

KEPONEWS.COM - 3 Tips Hindari Pencurian Uang Bermodus Google Calendar Ahli keamanan siber dari Kaspersky menemukan bahwa Google Calendar banyak digunakan oknum penipu untuk mencuri berita pribadi pengguna. Sebagaimana dijelaskan dalam keterangan pers dari Kaspersky,...
Loading...

Ahli keamanan siber dari Kaspersky menemukan bahwa Google Calendar banyak digunakan oknum penipu untuk mencuri berita pribadi pengguna.

Sebagaimana dijelaskan dalam keterangan pers dari Kaspersky, Selasa, 25 Juni 2019, kasus penipuan canggih itu banyak terjadi di sepanjang bulan Mei. Pelaku melancarkan aksinya dengan mengirim undangan acara ke kalender pengguna secara otomatis.

Kemudian, di layar ponsel pengguna akan muncul pemberitahuan berisi tautan URL pishing yang mendorong agar diklik. Dalam sebagian besar kasus yang diamati, pengguna akan dialihkan ke situs web yang menampilkan survey sederhana dengan penawaran hadiah berupa uang.

Untuk mendapatkan hadiah, pengguna diminta melakukan pembayaran "perbaikan" yang perlu memasukkan rincian kartu kredit dan menambahkan beberapa berita pribadi, seperti nama, nomor telepon dan alamat.

Google Calendar

Maka itu, agar terhindari dari modus spam berbahaya tersebut, Kamu diharap waspada dan berhati-hati apabila mendapatkan undangan terutama dari pihak yang tak dikenal melalui Google Calendar. Kaspersky juga memberikan beberapa tips di antaranya berikut ini:

Krisis Teluk: AS Luncurkan Serangan Siber atas Sistem Senjata Iran

Data di Indonesia Rentan Dibobol, 6 Tips Pencegahan Ini Layak Dicoba. (FOTO: Unsplash).

Indonesia Rentan Dibobol, 6 Tips Tangkal Pencurian Data dari Hacker

Matikan fasilitas penambahan undangan otomatis ke Google Calendar Kamu. Untuk melakukannya, buka Google Calendar, klik ikon roda pengaturan, lalu klik Pengaturan Acara.

Pada opsi automatically add invitations , klik pada menu dropdown dan pilih No, only show invitations to which I've responded .

Di bawahnya, pada bagian opsi tampilan, pastikan Show declined events TIDAK dicentang, kecuali jikalau Kamu secara khusus ingin melihatnya.

Kalau tidak yakin apakah situs web yang Kamu akses ialah nyata dan aman, jangan pernah memasukkan berita pribadi.

Gunakan solusi keamanan yang sanggup menerima amanah untuk perlindungan komprehensif dari banyak sekali ancaman, seperti Kaspersky Security Cloud. (ann)

Comments