3 Resep Masakan Anti Kolesterol

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

3 Resep Masakan Anti Kolesterol

3 Resep Masakan Anti Kolesterol

KEPONEWS.COM - 3 Resep Masakan Anti Kolesterol Hari Raya Idul Fitri diidentikan dengan sajian yang menggugah selera. Sebut saja rendang, opor ayam hingga gulai daging pasti tidak pernah absen di meja makan. Rasa gurih dari santan berpadu dengan...

Hari Raya Idul Fitri diidentikan dengan sajian yang menggugah selera. Sebut saja rendang, opor ayam hingga gulai daging pasti tidak pernah absen di meja makan.

Rasa gurih dari santan berpadu dengan lembutnya tekstur daging membuat masyarakat sulit untuk menolaknya. Namun, beberapa sajian lebaran seperti daging rendang mempunyai nilai kolesterol yang cukup tinggi. Dimana 100 gram daging rendang mengandung kolesterol sekitar 60-70 gram.

Penting bagi kita untuk mengatur asupan makanan. Mengingat kalau terlalu banyak makan makanan berkolesterol dapat menggangu kesehatan. Karena, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah hingga akhirnya menjadi penyebab terganggunya peredaran darah.

Sudah terdapat sangat banyak bukti yang menyatakan, bahwa asupan lemak jenuh yang tinggi akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Nah untuk meminimalisir mulailah bijak memilih makanan yang rendah kolesterol misalnya saja memilih makanan yang pengolahannya tanpa minyak, santan seperti nasi ayam hainan hingga sop ayam.

Berikut ini resep nasi ayam hainan dan sop ayam yang bisa disajikan selama libur lebaran.

1. Resep nasi ayam hainan ala Primarasa

Photo : Pixabay/cegoh

Bahan:

1 ekor (800g) ayam/kampung/organik
Garam bata
4 cm jahe, memarkan
2 batang daun bawang, potong 2 cm
Air, untuk merebus
Air es, untuk merendam

Saus:

50 g lemak ayam
1 sdm minyak goreng
2 siung bawang putih, cincang
100 ml kaldu ayam
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap asin
3 sdt minyak wijen
1 sdt gula pasir

Sambal: campur jadi satu

50 g cabai merah besar, buang biji, gerus
2 siung bawang putih, gerus
25 g jahe, gerus
sdt garam
2 sdt gula pasir
1 sdm air jeruk nipis
100 ml kaldu ayam panas

Cara masak:
1. Olesi seluruh badan dan rongga dalam ayam dengan 2 3 sdm garam sampai rata, lalu cuci dengan air hingga bersih. Setelah itu, olesi ayam bagian luar dan rongga dalam dengan sdm garam. Masukkan jahe dan daun bawang ke dalam rongga ayam.

Comments