3 PLBN Dibangun Megah, Imigran ke NTT Makin Nyaman

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

3 PLBN Dibangun Megah, Imigran ke NTT Makin Nyaman

3 PLBN Dibangun Megah, Imigran ke NTT Makin Nyaman

KEPONEWS.COM - 3 PLBN Dibangun Megah, Imigran ke NTT Makin Nyaman TIGA Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menuai reaksi dari banyak sekali kalangan setelah resmi didirikan satu tahun lalu. Baik dari para imigran negara tetangga maup...

TIGA Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menuai reaksi dari banyak sekali kalangan setelah resmi didirikan satu tahun lalu. Baik dari para imigran negara tetangga maupun warga setempat yang bermukim tak di sekitar PLBN khususnya dan umumnya warga NTT.

Beragam respon itu diketahui saat tim MNC Media bersama MNC Travel sebagai partner Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mengunjungi tiga PLBN di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah Mota'ain, Motamasin dan Wini.

"Jelas sangat berbeda dengan pos lintas batas sebelumnya. Sekarang sangat baik dan nyaman, baik gedungnya maupun pelayananya. Toh kita juga tak pernah ada masalah dengan dokumen keimigrasian (izin kerja, visa dan paspor) jadi melintas dari Timor Leste ke Indonesia melalui PLBN Wini, semuanya mudah lancar-lancar saja," ungkap Fathoni, 39, pekerja swasta asal Indonesia yang sudah lima tahun bekerja di Timor Leste saat ditemui di PLBN Wini, Senin (20/05).

Selain itu, ia juga mengaku bangga dengan perubahan kondisi bangunan PLBN Indonesia yang dulu dengan sekarang. "Jelas saya bangga, dulu semenjak awal saya datang (lima tahun lalu) di pos lintas batas milik Timor Leste lebih baik daripada Indonesia, tapi sekarang malah sebaliknya PLBN milik Indonesia yang megah," ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Napoleon Laranzina, 27, Warga Negara Asing (WNA) atau imigran asal Timor Leste. Ia mengapresiasi upaya BNPP selaku pemerintah Indonesia yang membangun PLBN di Wini, Mota'ain maupun Motamasin lebih megah dibanding dinegaranya.

"Saya kadang bisa seminggu hingga sebulan sekali melintas kesini (Wini, Indonesia) dari Oekusi, Timor Leste hanya untuk keperluan membeli barang. Saya kira PLBN Indonesia saat ini sudah enak, lebih bagus dan banyak kemajuan. Tak hanya gedungnya, tapi pelayanan dan kordinasi antar kedua negara cukup bagus," tandasnya.

Sementara itu, Kepala PLBN Wini, Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, Don Gasper Ukat mengatakan konsep kemegahan bangunan di PLBN yang dikelolanya ini mengambil tema tata cara istiadat warga setempat.

"Contoh yang bisa kita lihat bersama disini di setiap tempat pelayanan ada kain tenun bermotif khas daerah lokal sini yaitu Kecamatan Insana Utara. Begitu pula dengan ornamen di dinding terdapat ukiran kerajinan khas daerah setempat," katanya.

Ia menambahkan, terkait dengan dinding bangunan PLBN ini terbuat dari batu alam berwarna merah yang ada diproduksi di daerah sekitar Insana Utara. "Jadi semua bahan baku diberdayakan dari asli lokal sini untuk pembangunan PLBN Wini. Bahkan guna menarik minat bukan hanya pelintas tapi warga setempat di sekeliling PLBN ini ada spot spot untuk berfoto selfie, bahkan kalau dari arah Indonesia ke sebelum kesini ada spot pantai Wini," katanya.

Pihaknya berharap dengan megahnya bangunan PLBN ini dapat meningkatkan jumlah pelintas dari negara tetangga. Alasannya adalah, ada rencana pemerintah Timor Leste menjadikan Oekusi sebagai kota transit.

"Sehingga ke depan wilayah enclave negara tetangga tersebut makin ramai yang juga diperkirakan berdampak pada meningkatnya jumlah pelintas batas," jelasnya.

Ia memaparkan saat ini, rata-rata perhari, jumlah pelintas batas di PLBN ini, hanya berkisar 200-300 orang saja. Jauh lebih ramai dibandingkan PLBN Mota'ain yang jumlahnya bisa mencapai 300-600 orang.

Meski demikian, PLBN Terpadu Wini tidak kalah megah dibandingkan sejumlah PLBN lain yang juga telah direnovasi pemerintah.

PLBN Wini mempunyai total luas bangunan mencapai 5.025,7 meter persegi. Bangunan utama berdampingan jembatan timbang, pemindai kendaraan, pemeriksaan kendaraan kargo, dan pemeriksaan terpadu mobil. Pos dilengkapi dengan gudang sita berat dan ringan, lapangan penimbunan, utilitas, kennel, check point, monumen garuda, gerbang lintas batas negara, parkir tamu negara, hingga helipad.

"Saya bertugas untuk mengkoordinasikan pelayanan dari sejumlah instansi terkait. Antara lain, petugas bea cukai, imigrasi, karantina, dan aparat keamanan," katanya.

Sementara itu, Primusmana, 54, warga Motamasin, Kobalima Timur, Kabupaten Malaka, mengatakan jelas perbedaan kondisi infrastruktur dan megahnya bangunan PLBN Motamasin menjadi kebanggaan tersendiri.

"Selain patut dibanggakan bagi masyarakat setempat asal Indonesia juga, masyarakat perbatasan merasa diperhatikan dan ini saya kira sebagai bentuk pemerataan pembangunan. Ini baru kami rasakan merdekanya Indonesia saat ini," kata pria yang sehari-hari bekerja sebagai tukang ojek di dekat PLBN Motamasin.

Pihaknya berharap pembangunan di daerah perbatasan ini bisa menjadi lebih baik lagi, bukan hanya infrastruktur tapi segala hal.

"Agar semua pembangunan di daerah perbatasan seperti Motamasin ini menjadi lebih maju. Supaya masyarakat sekitar sini bisa tahu. Bisa merasakan kemakmuran Indonesia seperti ini," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala PLBN Motamasin Andreas Hanaka menyatakan di PLBN NTT yang dikelolanya ini tak terlalu banyak dengan dua PLBN lainnya adalah Mota'ain dan Motamasin. Namun demikian pihaknya optimis dari tahun ke tahun para pelintas batas di PLBN Motamasin bisa terus meningkat.

Comments