3 Pertolongan Pertama Gigi Berlubang, Mudah Banget!

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

3 Pertolongan Pertama Gigi Berlubang, Mudah Banget!

3 Pertolongan Pertama Gigi Berlubang, Mudah Banget!

KEPONEWS.COM - 3 Pertolongan Pertama Gigi Berlubang, Mudah Banget! Pilih sakit gigi atau sakit hati? Kiasan tersebut mungkin kerap muncul saat seseorang dilanda masalah pada giginya. Karena, gangguan kesehatan di sekitar gigi sangat mengganggu sampai sulit menjalani...

Pilih sakit gigi atau sakit hati? Kiasan tersebut mungkin kerap muncul saat seseorang dilanda masalah pada giginya. Karena, gangguan kesehatan di sekitar gigi sangat mengganggu sampai sulit menjalani aktivitas layaknya orang yang patah hati.

Terlepas dari permasalahan sakit hati atau sakit gigi, nyatanya gangguan di sekitar gigi harus ditangani dengan tepat. Biasanya, masalah yang paling sering dialami ialah gigi berlubang lantaran memicu ngilu dan nyeri.

Jangan Disepelekan, Gigi Keropos Anak Picu Gangguan Jantung

"Kalau masih kecil (lubangnya), enggak timbul rasa sakit. Kalau lebih dalam, lewati lapisan terluar, akan timbul ngilu. Pas minum es biasanya ada rasa ngilu. Kena saraf baru timbul nyut-nyutan, ujar drg. Tengku Annisa Utami MARS dalam acara Hidup Sehat, tvOne, Senin, 19 Oktober 2020.

Kalau dibiarkan, pembusukan bisa infeksi ke dalam dan sakit luar biasa. Bisa timbul nanah. Kalau minum bisa rasa asin dan ada darah juga, tambahnya.

Apalagi di tengah pandemi COVID-19, akses untuk ke fasilitas kesehatan diminimalisir dalam rangka mencegah penularan virus. Nah, untuk mengatasi gigi berlubang sebenarnya bisa dilakukan di rumah dengan cara sederhana.

Berdasarkan paparan drg. Tengku Annisa Utami MARS, mengatasi sakit gigi bisa memakai garam atau es batu. Mau tahu caranya? Berikut langkah yang dapat Kamu coba.

1. Air hangat dan garam

Ilustrasi garam.

Garam mengandung antiseptik sehingga dapat membunuh bakteri di mulut dan meredam radang dalam sementara waktu. Siapkan 1 sdt garam serta air hangat atau biasa ke dalam gelas berukuran sedang.

"Aduk sampai larut. Lalu kumur 30 detik dan dibuang. Bisa jadi pertolongan pertama untuk redakan sakit," ujarnya.

2. Es batu

Ilustrasi es batu.

Kompres dengan es batu dapat memberi penanganan cepat pada sakit gigi. Alasannya adalah, rasa dingin dapat menekan saraf untuk mengurangi rasa sakit yang timbul.

"Bungkus es batu dengan handuk tebal. Lalu tempel di bagian pipi yang sakit sampai timbul rasa dingin," kata dia.

3. Minyak atsiri cengkeh

Ilustrasi cengkih.

Ambil kapas lalu gulung sampai berbentuk bulat. Tetesi minyak atsiri cengkeh dan peras sampai tidak basah, hanya lembab saja. Tempel di lubang gigi secukupnya, angkat, lalu kumur. Jangan sampai tertelan, bisa sakit tenggorokan.

Bisa juga gunakan obat warung seperti parasetamol atau anti nyeri lain yang aman dikonsumsi. Kalau gigi bolong sudah terlalu besar, bisa berbahaya. Maka, disarankan segera ke dokter untuk diatasi dengan tepat.

Comments