3 Penyebab usus buntu akut dan cara mudah mengatasinya

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

3 Penyebab usus buntu akut dan cara mudah mengatasinya

3 Penyebab usus buntu akut dan cara mudah mengatasinya

KEPONEWS.COM - 3 Penyebab usus buntu akut dan cara mudah mengatasinya Serangan gangguan pencernaan sering menyerang kita. Mulai dari maag, sembelit, hingga yang terparah usus buntu. Hal itu bisa terjadi karena banyak sekali faktor. Salah satu yang sering menjadi penyeba...
Loading...

Serangan gangguan pencernaan sering menyerang kita. Mulai dari maag, sembelit, hingga yang terparah usus buntu. Hal itu bisa terjadi karena banyak sekali faktor. Salah satu yang sering menjadi penyebanya merupakan pola makan tidak teratur. Apalagi kalau sudah terlalu sibuk dengan pekerjaan, biasanya kita akan mengesampingkan makan atau sembarang dalam memilih menu makanan.

Hati-hati lho, kebiasaan yang mungkin kamu sepelekan ini bisa membawa dampak buruk untuk kesehatanmu. Jajan sembarangan memang tidak bisa dihindari, tapi usahakan jangan terlalu sering ya. Karena kebersihan yang tidak terjamin dapat menimbulkan banyak sekali penyakit. Mungkin pada awalnya kamu akan merasakan sakit perut biasa, tapi bisa jadi ini menjadi mengambarkan kamu terkena penyakit usus buntu akut.

Usus buntu merupakan peradangan yang terjadi pada usus buntu atau apendiks. Usus buntu merupakan organ berbentuk kantong kecil dan tipis, berukuran sepanjang 5 hingga 10 cm yang terhubung pada usus besar. Biasanya ciri-ciri yang sering ditemukan ialah merasa nyeri di perut kanan bagian bawah.

Usus buntu kronis dan akut biasanya terjadi karena adanya penumpukan feses yang menimbulkan bakteri berkembang biak di dalam usus buntu. Bakteri yang biasa berkembang biak ialah bakteri Escerichia Colli, bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Usus buntu juga dapat memengaruhi dalam tubuh sebagai pertahanan karena usus buntu merupakan tempat kotoran keluar.

Usus buntu akut kalau tidak diatasi dengan segera, ada kemungkinan usus buntu yang akut dan meradang dapat pecah, dan mengeluarkan feses atau tinja ke rongga perut. Hal ini dapat berpotensi menyebabkan infeksi yang membahayakan, namun infeksi dapat tertutup dan membentuk asbes.

Sebelum kamu mengalami penyakit usus buntu akut, sebaiknya kamu pahami seperti apa saja penyebab-penyebabnya agar kamu dapat terhindar dari risikonya.

Dirangkum dari banyak sekali sumber pada Selasa (20/11), berikut 3 penyebab usus bantu dan cara mengatasi hingga mengobatinya.

1. Genetik.

foto: pixabay.com

Faktor genetik dapat menjadi salah satu pengaruh terjadinya usus buntu akut. Hal ini dapat memberikan dampak sekitar 56%. Kondisi ini dapat muncul saat seorang anak terikat darah dengan penderita usus buntu baik yang masih aktif atau yang pernah berobat, meningkat 10 kali lipat dibandingkan dengan anak yang berasal dari keluarga yang bebas usus buntu.

2. Penyumbatan.

foto: unsplash.com

Radang usus buntu dapat disebabkan oleh penyumbatan. Penyumbatan ini dapat terjadi karena penumpukan sisa makanan atau tinja yang mengeras dan tidak bisa keluar. Sisa makanan yang sulit dicerna inilah yang akan menyumbar saluran usus buntu.

3. Infeksi.

foto: unsplash.com

Nah, untuk yang satu ini kamu perlu waspada. Infeksi dapat disebabkan oleh virus salah satunya merupakan virus gastrointestinal. Jikalau seseorang yang terkena infeksi dapat disebabkan oleh pembengkakan. Virus biasanya dapat masuk melalui makanan, oleh karena itu kita disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bersih dan higienis.

Loading...

Comments