3 Negara Uji Coba Vaksin Malaria Pertama di Dunia

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

3 Negara Uji Coba Vaksin Malaria Pertama di Dunia

3 Negara Uji Coba Vaksin Malaria Pertama di Dunia

KEPONEWS.COM - 3 Negara Uji Coba Vaksin Malaria Pertama di Dunia ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) akan menguji vaksin malaria pertama di 3 negara pada 2018. Uji coba vaksin malaria ini akan dilakukan di 3 negara Afrika, yakni Ghana, Kenya dan Malawi.Malaria merupak...

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) akan menguji vaksin malaria pertama di 3 negara pada 2018. Uji coba vaksin malaria ini akan dilakukan di 3 negara Afrika, yakni Ghana, Kenya dan Malawi.

Malaria merupakan salah satu tantangan terbesar dunia kesehatan. Penyakit ini telah menginfeksi lebih dari 200 juta orang setiap tahun, dan membunuh sekitar setengah juta orang, kebanyakan dari mereka merupakan anak-anak di Afrika. Dengan sekira 90 persen kasus di dunia pada 2015, sub sahara Afrika paling terpukul oleh penyakit ini.

Sementara, Ghana, Kenya dan Malawi dipilih karena mereka sudah menjalankan program besar untuk mengatasi malaria. Hal ini termasuk penggunaan kelambu, namun masih memiliki jumlah kasus yang tinggi.

Sementara, vaksin malaria yang akan diuji coba disebut RTS. Vaksin RTS melatih sistem kekebalan tubuh untuk menyerang parasit malaria, yang disebarkan melalui gigitan nyamuk.

"Gabungan dengan intervensi yang ada, vaksin semacam itu berpotensi menyelematkan puluhan ribu nyawa di Afrika," kata Matshiidiso Moeti, direktur regional WHO untuk Afrika dalam sebuah pernyataan yang dikutip Zeenews, Selasa (25/4/2017).

"Vaksin memiliki efektivitas yang berpotensi menyelamatkan puluhan ribu nyawa bila digunakan dengan tindakan yang sudah ada," tambahnya.

Vaksin perlu diberikan 4 kali, sekali sebulan selama 3 bulan dan kemudian dosis keempat 18 bulan kemudian. Hal ini telah diuji klinis, meskipun belum diketahui apakah efektif dilakukan di daerah yang akses kesehatannya terbatas.

Karena itu, WHO melakukan uji coba di 3 negara ini untuk melihat apakah program vaksin malaria dapat dimulai. Hal ini juga akan menilai sisi keamanan dan efektivitas vaksinasi.

Sementara itu, menurut angka WHO, masih ada 212 juta kasus baru malaria setiap tahun dan 429.000 kematian. Karenanya, WHO sangat serius dalam menguji vaksin pertama malaria ini.

3 Negara Uji Coba Vaksin Malaria Pertama di Dunia

Comments