3 Mitos Perut Kembung yang Perlu Diluruskan Kebenarannya

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

3 Mitos Perut Kembung yang Perlu Diluruskan Kebenarannya

3 Mitos Perut Kembung yang Perlu Diluruskan Kebenarannya

KEPONEWS.COM - 3 Mitos Perut Kembung yang Perlu Diluruskan Kebenarannya Semua orang pasti pernah mengalami perut kembung setidaknya sekali seumur hidup. Meski umumnya bukan mengambarkan masalah serius, gangguan perut ini kadang membuat Kamu tidak nyaman untuk beraktivitas...

Semua orang pasti pernah mengalami perut kembung setidaknya sekali seumur hidup. Meski umumnya bukan mengambarkan masalah serius, gangguan perut ini kadang membuat Kamu tidak nyaman untuk beraktivitas.

Tidur malam pun bisa jadi tak nyenyak karenanya. Terlebih nyatanya ada banyak mitos perut kembung yang masih saja dipercaya banyak orang, padahal belum tentu benar. Supaya Kamu tidak lagi salah kaprah dan akhirnya salah pengobatan, cari tahu kebenarannya di Hello Sehat!

Mitos perut kembung yang perlu diluruskan kebenarannya

1. Perut kembung tidak diobati ke dokter

Meski gangguan ini cukup umum, tetap jangan anggap sepele perut kembung. Kamu perlu waspada jikalau perut kembung sangat sering terjadi dan terasa sakit hingga menghambat aktivitas Kamu. terganggu.

Bila penyebabnya jelas karena minum terlalu banyak, makan terburu-buru, atau minum minuman bersoda maka cara mengatasinya merupakan menghindari kebiasaan tersebut.

Sebaliknya, jikalau Kamu tidak tahu pasti penyebab perut kembung yang sangat sering muncul, sebaiknya segera periksa ke dokter.

5 Potret Seksi Anya Geraldine, Bikin Hotman Paris Panas Dingin!

Ada banyak sekali masalah kesehatan yang bisa menyebabkan perut sering kembung, antara lain:

Menstruasi

Refluks asam lambung

Sembelit

Intoleransi laktosa

Penyakit celiac

Sebelum memutuskan pergi ke dokter atau tidak, pertimbangkan dulu seberapa parah gejala perut kembung yang Kamu alami dan penyebabnya.

perut kembung

2. Kebanyakan makan garam bikin perut kembung

Kamu mungkin pernah mendengar kalau makanan asin bisa membuat perut kembung karena garam menahan kadar air di tubuh.

Garam memang menahan simpanan air dalam tubuh (retensi air) sehingga menambah berat badan air, tapi tidak spesifik hanya menyebabkan perut kembung.

Berat badan air menyebabkan bagian tubuh membengkak, dan ini bisa terjadi di mana saja. Namun umumnya lebih sering di wajah serta pergelangan tangan dan kaki. Retensi air sangat jarang terjadi di saluran pencernaan atau area perut.

Intip Serunya Liburan Naomi Zaskia, Artis Cantik Calon Istri Sule

3. Makanan tertentu sembuhkan perut kembung

Satu lagi mitos perut kembung yang sangat sering Kamu dengar, yaitu ada makanan yang dapat meredakan perut kembung.

Kenyataannya perut kembung hanya bisa diatasi sesuai dengan penyebabnya. Kalau perut kembung disebabkan oleh kenaikan asam lambung, maka obat maag yang bekerja mengurangi produksi asam lambung merupakan cara ampuh mengatasinya.

Perlu Kamu ketahui jikalau perut terasa kembung dan Kamu mencoba untuk makan makanan tertentu, perut Kamu bisa semakin terasa tidak nyaman. Bahkan, beberapa jenis makanan justru mengandung banyak gas yang bisa memperparah kondisi perut kembung Kamu.

(hel)

Comments