3 Metode Sunat untuk Anak-anak yang Terbilang Aman

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

3 Metode Sunat untuk Anak-anak yang Terbilang Aman

3 Metode Sunat untuk Anak-anak yang Terbilang Aman

KEPONEWS.COM - 3 Metode Sunat untuk Anak-anak yang Terbilang Aman BAGI masyarakat Indonesia, sunat merupakan hal lazim bagi pria sebelum usia akil balig. Terlepas dari ajaran agama, sunat juga memberikan sederet manfaat kesehatan. Antara lain menurunkan risiko infek...

BAGI masyarakat Indonesia, sunat merupakan hal lazim bagi pria sebelum usia akil balig. Terlepas dari ajaran agama, sunat juga memberikan sederet manfaat kesehatan. Antara lain menurunkan risiko infeksi saluran kemih, menurunkan risiko dari kanker penis, dan membersihkan alat kelamin.

Ada banyak sekali metode sunat yang ditawarkan kepada masyarakat. Pilihan metode bergantung pada pasien dan preferensi dokter. Namun sebelum sunat dilakukan, ada baiknya orangtua mencari tahu lebih dalam dan memilih tenaga medis yang tepat. Jangan sampai mengalami kejadian yang menimpa seorang anak di Pekalongan.

Anak berinisial MI itu terpaksa kehilangan kepala alat kelaminnya saat disunat memakai metode laser. Listrik dengan cepat memotong alat sehingga tidak dapat disambung kembali. Sayangnya sunat itu dilakukan oleh seorang oknum yang bukan tenaga medis.

Berikut penjelasan mengenai beberapa metode sunat seperti yang dirangkum Okezone dari banyak sekali sumber, Rabu (12/9/2018) :

Konvensional

Metode satu ini masih banyak digunakan oleh dokter dan mantri sunat. Biasanya sebelum melakukan metode sunat konvensional, akan dilakukan pembiusan terlebih dahulu. Kemudian kulit ujung Mr P diiris melingkar memakai gunting atau pisau khusus bedah. Setelah itu kulit Mr P yang terkelupas akan dijahit. Proses pengerjaannya membutuhkan waktu sekira 30-50 menit dan masa pemulihannya lumayan lama.

sunat

Electric cauter

Metode yang satu ini sering disebut sebagai sunat laser. Namun sebenarnya metode ini memakai alat seperti pistol yang dialiri listrik bukan sinar merah seperti laser. Saat listrik mengalir, ujung pistol yang terbuat dari logam akan panas dan memerah. Ketika itulah alat digunakan untuk menggunting ujung kulit Mr P tanpa berdarah karena panas yang langsung membekukannya. Metode ini tetap membutuhkan jahitan untuk menyambung kembali kulit Mr P. Tapi waktu pemulihannya lebih cepat. Proses pengerjaannya memakan waktu 10-20 menit.

sunat

3. Klem

Metode ini memakai tabung plastik khusus yang ukurannya menyesuaikan ukuran Mr P anak yang hendak disunat. Metode klem membuat kulit ujung Mr P dijepit dengan memakai alat sekali pakai. Kemudian kulit itu dipotong dengan pisau bedah. Metode ini tidak membutuhkan penjahitan. Hanya saja klem harus dipasang pada Mr P hingga luka mengering sekitar 3-6 hari. Proses pengerjaanya sekira 7-10 menit.

sunat

(hel)

Comments