3 Faktor Penyebab WhatsApp, Facebook dan Instagram Bisa Down

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

3 Faktor Penyebab WhatsApp, Facebook dan Instagram Bisa Down

3 Faktor Penyebab WhatsApp, Facebook dan Instagram Bisa Down

KEPONEWS.COM - 3 Faktor Penyebab WhatsApp, Facebook dan Instagram Bisa Down JAKARTA - Server sosmed seperti Facebook, WhatsApp dan Instagram dilaporkan down secara bersamaan kemarin, dini hari sekira satu jam. Netizen Indonesia tidak terlalu terpengaruh, karena gangguan serve...
Loading...

JAKARTA - Server sosmed seperti Facebook, WhatsApp dan Instagram dilaporkan down secara bersamaan kemarin, dini hari sekira satu jam. Netizen Indonesia tidak terlalu terpengaruh, karena gangguan server tersebut terjadi pada pukul 03.00 Selasa (4/9), sehingga sebagian besar masyarakat Tanah Air masih beristirahat.

Di luar negeri sangat ramai karena waktu gangguan termasuk saat waktu prime time, sehingga banyak netizen luar negeri melampiaskan unek-uneknya lewat Twitter.

Diketahui memang FB, WhatsApp dan Instagram di bawah perusahaan yang sama, Facebook Inc. Tahun lalu FB juga mengalami server down namun tidak memberikan secara jelas apa penyebabnya.

Pakar keamanan siber Pratama Persadha mengatakan kepada Okezone, ada beberapa kemungkinan penyebab server down. Pertama adanya maintenance internal sehingga membutuhkan waktu untuk di-take down atau dimatikan dari jaringan.

Kedua, kemungkinan adanya tindak peretasan juga selalu terbuka. Ketiga, adanya akses yang berlebih dari netizen, ini juga bisa terjadi karena serangan DDoS.

Hadapi Black Market, Xiaomi Akan Ambil Langkah Tegas

Apapun penyebab server Facebook, Instagram dan WhatsApp sampai down, Mark Zuckerberg perlu memaparkan kepada dunia. Karena sosmed dan software pesan instan sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat dunia.

Ini juga menjadi pelajaran, bahwa penting bagi penyedia jasa internet untuk membuka server di Tanah Air. Adanya pelanggaran hukum maupun kendala teknis bisa diketahui masyarakat dan pemerintah.

Xiaomi Mi Mix 3 Dukung Jaringan 5G, Ini Fotonya

Selama ini keberadan server di luar negeri jelas mempersulit apabila ada masalah keamanan di Tanah Air, pun juga data penduduk Indonesia dengan mudah diambil oleh pihak asing.

(ahl)

Loading...

Comments