3 Faktor Penting Ini Sebabkan Sakit Karena Banjir

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

3 Faktor Penting Ini Sebabkan Sakit Karena Banjir

3 Faktor Penting Ini Sebabkan Sakit Karena Banjir

KEPONEWS.COM - 3 Faktor Penting Ini Sebabkan Sakit Karena Banjir Rabu, 22 Februari 2017 | 14:22 WIBIlustrasi sakit. shutterstock.comJakarta - Anda terdampak banjir karena intensitas hujan di wilayah Jakarta dan sekitarnya akhir-akhir ini? Jikalau iya, apakah Anda m...

Rabu, 22 Februari 2017 | 14:22 WIB

3 Faktor Penting Ini Sebabkan Sakit Karena Banjir

Ilustrasi sakit. shutterstock.com

Jakarta - Anda terdampak banjir karena intensitas hujan di wilayah Jakarta dan sekitarnya akhir-akhir ini? Jikalau iya, apakah Anda merasakan kesehatan Anda terganggu?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Departemen Ilmu Panyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Dr.Ari Fahrial Syam, mengatakan, terganggunya kesehatan yang akan terjadi banjir terjadi karena adanya gangguan pada tiga faktor penting.

Baca juga:Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Depresi, Ini Penelitiannya!

"Tiga faktor itu yakni faktor host, lingkungan, dan agen," kata Ari yang menjadi Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Jaya, kepada Tempo, Rabu, 22 Februari 2017.

Berikut penjelasan dokter Ari yang juga menjadi Ketua Umum PB Perhimpunan Gastrointestinal Indonesia (PEGI):

1. Faktor Daya tahan Tubuh
Ketika terjadi pengungsian yang akan terjadi banjir, kondisi kebersihan lingkungan, makanan, dan minuman yang dikonsumsi pengungsi sangat tidak memadai. "Sehingga akan berpengaruh pada daya tahan tubuh para pengungsi," ujar Ari yang mendapatkan Fellow dari American Colleague of Physician.

Selain itu, Ari melanjutkan, para pengungsi tidur dengan alas yang tidak memadai. Kondisi ini meningkatkan kerentanan para pengungsi terhadap penyakit-penyakit pascabanjir. Cuaca yang tidak mendukung ketika ini juga dapat menurunkan daya tahan tubuh seseorang walaupun tidak terkena langsung dampak banjir.

2. Faktor Lingkungan
Faktor lingkungan yang dapat memperburuk kondisi masyarkat merupakan faktor cuaca. Ketika ini hujan dan angin kencang masih melanda DKI Jakarta. Menurut Ari, dampak buruk ini terutama dialami oleh bayi, anak-anak, dan orang tua.

"Belum lagi lingkungan sekitar banjir yang kotor dengan sampah bertebaran dimana-mana," ujar Wakil Ketua PB Perhimpunan Gastroenterologi Indonesia ini. Genangan air akan mengundang lalat dan kecoa. Hal ini berpotensi mencemari makanan dan minuman Anda. (Baca :Begini Asyiknya Menjadi Tenaga Lepas)

3. Faktor Bakteri
Faktor agen pembawa penyakit yang banyak dijumpai yang akan terjadi bencana banjir merupakan lalat, tikus, bakteri dan kotoran yang menyebabkan tercemarnya air bersih. Tikus merupakan agen pembawa penyakit Leptospirosis yang ditularkan melalui kotoran dan kencing tikus yang bercampur dengan genangan banjir seperti yang sudah saya sebutkan diatas.

AFRILIA SURYANIS

Baca juga:
Pernah jadi Korban Hoax, Begini Happy Salma Mengatasinya

Comments