3 Desa Wisata yang Menarik Buat Liburan Sambil Belajar

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

3 Desa Wisata yang Menarik Buat Liburan Sambil Belajar

3 Desa Wisata yang Menarik Buat Liburan Sambil Belajar

KEPONEWS.COM - 3 Desa Wisata yang Menarik Buat Liburan Sambil Belajar Plesiran identik dengan jalan-jalan ke pantai, melihat panorama yang indah, atau menikmati makanan lezat. Namun, plesiran #DiIndonesiaAja bisa menunjukkan lebih....

Plesiran identik dengan jalan-jalan ke pantai, melihat panorama yang indah, atau menikmati makanan lezat. Namun, plesiran #DiIndonesiaAja bisa menunjukkan lebih.

Ada banyak tempat wisata di Indonesia yang memberikan kesempatan bagi pengunjungnya untuk berkarya atau membuat sesuatu. Umumnya membuat batik, tenun, gerabah hingga kerajinan tangan lainnya.

Liburan dengan memadukan unsur edukasi ini, banyak ditawarkan di desa wisata. Desa wisata ialah sebuah tempat wisata yang dikelola oleh komunitas masyarakat setempat. Sehingga, tarif yang dipatok untuk memasuki desa wisata pun masih terjangkau. Tak jarang, kamu hanya cukup membayar karya yang sudah kamu ciptakan saja.

Gimana sobat travelers, tertarik untuk plesir ke desa wisata? Atau masih galau mau mengunjungi desa wisata apa saja selama #DiIndonesiaAja? Berikut ialah beberapa destinasi desa wisata yang bisa jadi alternatif pilihan kalian. Yuk, simak!

Wisata Bali: Sejuknya Toya Babah di Karangasem Bali

1. Desa Wisata Cibuntu

Menparekraf, Sandiaga Uno dan Cinta Laura tengah belajar membuat gerabah dari tanah liat di Desa Wisata Cibuntu. (Instagram/@sandiuno)Menparekraf, Sandiaga Uno dan Cinta Laura tengah belajar membuat gerabah dari tanah liat di Desa Wisata Cibuntu. (Instagram/@sandiuno)

Kalau kamu sedang berada di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, cobalah untuk mampir ke Desa Wisata Cibuntu. Desa Wisata Cibuntu menyajikan suasana berhawa dingin dan sejuk. Ini lantaran lokasinya berada di bawah kaki Gunung Ciremai.

Selama di Desa Wisata Cibuntu, sobat travelers juga bisa menikmati kearifan lokal lainnya seperti pagelaran budaya, situs purbakala dan makanan tradisional, Selain itu, sobat travelers juga bisa belajar membuat gerabah dari tanah liat yang diajarkan langsung oleh para perajin di sana.

2. Desa Wisata Giriloyo

Perajin tengah membatik.(Instagram/@jogjaseni)Perajin tengah membatik.(Instagram/@jogjaseni)

Alternatif wisata lain yang bisa kamu kunjungi merupakan Desa Wisata Giriloyo. Terletak di Daerah Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Desa Wisata Giriloyo merupakan pusat kerajinan batik tulis di Yogyakarta yang sudah berkembang semenjak zaman dahulu. Di sana, sobat travelers bukan hanya bisa membeli batik, tapi juga belajar membuat batik tulis sendiri. Sobat travelers akan diajarkan bagaimana cara membuat pola hingga membatik memakai canting.

Wisata Bali: Uniknya Ritual Mebiasa di Pura Kayangan Tiga Desa Istiadat Umahanyar Badung

3. Kampung Wisata Keramik Dinoyo

Comments