3 Cara Sehat Mengolah Sayuran Supaya Nutrisinya Tidak Hilang

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

3 Cara Sehat Mengolah Sayuran Supaya Nutrisinya Tidak Hilang

3 Cara Sehat Mengolah Sayuran Supaya Nutrisinya Tidak Hilang

KEPONEWS.COM - 3 Cara Sehat Mengolah Sayuran Supaya Nutrisinya Tidak Hilang NUTRISI dalam sayuran ialah bagian penting untuk menambah kesehatan pada tubuh manusia. Para ahli gizi pun menganjurkan rajin mengonsumsi sayuran, terutama bagi mereka yang sedang menerapkan program d...

NUTRISI dalam sayuran ialah bagian penting untuk menambah kesehatan pada tubuh manusia. Para ahli gizi pun menganjurkan rajin mengonsumsi sayuran, terutama bagi mereka yang sedang menerapkan program diet.

Tapi terkadang terjadi kesalahan dalam mengolah sayuran. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan supaya kandungan nutrisi sayuran tetap terjaga saat proses pengolahan.

5 Sayuran Penurun Gula Darah, Cocok untuk Penderita Diabetes

Dikutip dari laman SCMP, salah satu caranya dengan menambahkan sejumput garam ke dalam air rebusan sayuran. Para peneliti telah membuktikan bahwa teknik ini sangat ampuh mempertahankan nutrisi serta menjaga tekstur dan cita rasa sayur agar tetap enak meski telah melalui proses perebusan.

Ilustrasi memasak sayuran. (Foto: Senivpetro/Freepik)

Ketika Kamu mencampurkan garam ke dalam panci yang digunakan untuk merebus kentang atau sayur lainnya, garam akan menghentikan proses pelepasan nutrisi yang disebabkan oleh air yang mendidih. Hal ini telah dibuktikan oleh Germany's Federal Centre for Nutrition.

Yuk Ketahui Manfaat Buah dan Sayuran Berdasarkan Warnanya

Mereka memaparkan, hampir seluruh jenis makanan atau sayuran yang dikonsumsi sehari-hari mengandung garam. Sehingga ketika menambahkan garam ke dalam air rebusan, tidak akan terjadi perpindahan molekul atau kandungan nutrisi pada sayuran tersebut.

Di sini garam berfungsi menjaga keseimbangan molekul yang terkandung pada sayuran. Jadi seberapa pun suhu air yang Kamu gunakan untuk merebus sayuran, nutrisinya tidak akan rusak bila proses pengolahan ini diberi tambahan sejumput garam.

Comments