3 Cara Mengurangi Ukuran File PDF

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

3 Cara Mengurangi Ukuran File PDF

3 Cara Mengurangi Ukuran File PDF

KEPONEWS.COM - 3 Cara Mengurangi Ukuran File PDF Ilustrasi file PDF. (Pixabay) Ikuti panduan cara mengurangi ukuran file PDF berikut ini, yang berguna ketika kamu ingin mengirim file PDF via email atau smartp...

Ilustrasi file PDF. (Pixabay)

Ikuti panduan cara mengurangi ukuran file PDF berikut ini, yang berguna ketika kamu ingin mengirim file PDF via email atau smartphone tanpa boros penyimpanan dan kuota internet.

Jikalau kamu sering mengirim ebook, katalog produk atau file yang dikirim dalam format portable Document Format (.PDF) dalam jumlah banyak maka masalah yang sering dihadapi merupakan size file tersebut.

Salah satu solusi agar file PDF tidak menghabiskan ruang penyimpanan di laptop atau smartphone kamu ialah dengan mengurangi ukurannya.

Berikut ini terdapat dua cara mudah untuk mengurangi ukuran file PDF:

Cara Offline

Kebanyak dari kamu membuat sebuah tulisan dalam bentuk naskah, skripsi, atau laporan kerja diketik dalam software Microsoft Words.

Karena dengan microsoft words kamu dapat dengan mudah membuat banyak sekali macam tulisan untuk buku atau novel, dan ketikan hasil tulisan kamu ingin dibagikan atau dijual secara online maka diubah formatnya menjadi format PDF.

Namun apa jadinya jikalau ukuran aslinya masih terlalu besar?

Ilustrasi file pdf. (Pixabay)Ilustrasi file pdf. (Pixabay)

Kamu tidak perlu memakai software tambahan, karena microsoft words sebenarnya sudah menyediakan pilihan agar file PDF tidak terlalu besar ukurannya.

Caranya :

Setelah selesai membuat tulisan / naskah dalam microsoft wordKlik menu FileKemudian pilih menu EksporKemudian pilih menu "Buat Dokumen PDF/XPSDan klik tombol Buat PDF/XPSSelanjutnya kamu akan diminta menyimpan file tersebut di drive yang kamu inginkanBeri nama file PDF tersebutKemudian temukan pilihan "Optimalkan untuk : pilih Ukuran minimum (diterbitkan online)"Karena kalau tanpa diubah maka pilihan secara default untuk opsi StandarKalau sudah klik Terbitkan

Bila jenis file yang ingin kamu kecilkan sudah berbentuk PDF maka kamu harus memakai software tambahan yaitu Adobe Acrobat Pro.

Caranya :

Buka File PDF dan jalankan software Adobe Acrobat ProKemudian pilih menu FileKlik Save As OtherKlik Reduce size PDFKemudian pada kotak dialog akan muncul beberapa pilihanPilih Make Compatible with : Pilih Retain ExistingSelanjutnya klik OKDan simpan dengan klik SAVE untuk menyimpan, jangan lupa beri nama file PDF yang baru.

Dari dua cara diatas maka ukuran file PDF jauh lebih kecil dibandingkan dengan file yang sebelumnya, sangat mudah bukan?

Cara Online

Cara mengurangi ukuran file PDF termudah lainnya ialah dengan memakai website compress PDF Online yang bisa kamu gunakan merupakan smallpdf.com

Dalam situs ini terdapat dua pilihan yaitu versi gratis dan versi berbayar, untuk versi gratis maka hanya bisa mengurangi sekitar -40% dari file aslinya.

Namun untuk veri berbayar file dapat terkompres ukurannya lebih kecil hingga -70% dari file aslinya.

Untuk memakai compress pdf online silahkan ikuti panduannya:

Buke website smallpdf.comKemudian pilih menu KompresDrag dan Drop pada box untuk mengunggah file PDFTunggu beberapa saat hingga proses uploadPilih opsi Kompresi dasar (versi gratis)Klik "pilih Opsi"Tunggu hingga proses kompres selesaiBila sudah selesai klik "Unduh"

Itulah tadi cara mengurangi ukuran file PDF dengan mudah baik dengan cara offline atau dengan cara online, kira-kira mana yang menurut kamu paling mudah? Selamat mencoba. (Kontributor HiTekno.com: Jeffry francisco).

Comments