3 Cara Mengubah Excel ke Word, Gunakan Metode Ini

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

3 Cara Mengubah Excel ke Word, Gunakan Metode Ini

3 Cara Mengubah Excel ke Word, Gunakan Metode Ini

KEPONEWS.COM - 3 Cara Mengubah Excel ke Word, Gunakan Metode Ini Microsoft Excel. (Microsoft) Beginilah cara mengubah Excel ke Word yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Bagi kamu yang sering memakai program Microsoft Office, pasti sudah tidak asing lagi kan dengan...

Microsoft Excel. (Microsoft)

Beginilah cara mengubah Excel ke Word yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Bagi kamu yang sering memakai program Microsoft Office, pasti sudah tidak asing lagi kan dengan program Microsoft Excel dan Microsoft Word?

Microsoft Excel ialah sebuah program software lembar kerja yang digunakan untuk membuat, mengedit, menganalisa dan meringkas data yang sifatnya numerik. Sedangkan Microsoft Word ialah perangkat lunak pengolah kata yang digunakan untuk membuat dokumen teks yang bisa disimpan secara elektronik, dicetak di kertas atau disimpan.

Walaupun Excel dan Word berada di software yang sama yaitu Microsoft Office, namun keduanya mempunyai format file yang berbeda. File Excel mempunyai format dokumen XLS, sedangkan file Word mempunyai bentuk format DOC atau DOCX. Format file DOC digunakan di Microsoft Word 2003 dan versi sebelumnya, sedangkan DOCX digunakan di software Microsoft Word 2007 dan versi sesudahnya.

Namun bagaimana apabila kamu mempunyai dokumen Excel yang ingin diubah menjadi dokumen Word? Jangan khawatir ya, kamu bisa kok mengubah Excel ke Word baik secara offline dengan memanfaatkan fasilitas yang ada pada program Microsoft Office itu sendiri maupun mengubah Excel ke Word baik secara online dengan memakai konverter online di internet yang bisa kamu nikmati secara gratis.

Nah penasaran bagaimana cara mengubah Excel ke Word? Berikut ini cara mengubah Excel ke Word yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu:

Microsoft Excel. (Microsoft)Microsoft Excel. (Microsoft)

1. Mengubah Excel ke Word dengan cara Copy Paste

Cara mengubah Excel ke Word yang bisa kamu lakukan pertama kali ialah dengan memakai fasilitas copy dan paste langsung. Cara ini sangat mudah dan tidak membutuhkan software tambahan lainnya.

Untuk mengubah Excel ke Word dengan cara Copy Paste bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

Blok bagian pada Excel yang ingin kamu pindah ke Word, kamu bisa menekan shortcut tombol CTRL+A kemudian CTRL+C untuk menyalin semua bagian di file tersebutKemudian buka program Microsoft WordLalu pilih opsi PasteSelanjutnya pilih opsi paste Keep Source Formatting agar tidak mengubah format tabel dari Excel atau kamu bisa memakai opsi Match Destination Table Style jikalau kamu ingin melakukan perubahan pada dokumen Excel dan tabel yang disalin juga akan diperbarui di Word atau opsi Keep Text Only untuk menempel konten dari Excel tanpa format apapun jadi bila kamu memakai opsi ini, maka tiap baris akan menjadi paragraf tersendiri dengan tab yang memisahkan data dan kolomSelesai! Data Excel kamu sudah tersalin di Word dan kamu bisa menyimpannya pada perangkat kamu

2. Mengubah Excel ke Word dengan cara memasukkan Bagan Excel ke dalam Word

Saat ingin merubah Excel ke Word dan kamu membutuhkan data dalam satu tabel, bukan hanya untuk beberapa konten atau data saja maka kamu bisa menyalin bagan / tabel Excel tersebut ke dalam Word.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengubah Excel ke Word dengan cara memasukkan Bagan Excel ke dalam Word:

Klik bagan atau tabel Microsoft Excel yang ingin disalin dengan menekan tombol Ctrl+C pada keyboard secara bersamaanLalu pada program Microsoft Word, tekan Ctrl+V untuk menempel bagan atau tabel tersebutKemudian pilih opsi Paste Options untuk menempel bagan atau tabel tersebut. Di sudut kanan bawah tabel terdapat macam-macam opsi tempel yang berbeda seperti opsi Keep Source Formatting and Link to Excel untuk membuat data dalam bagan /tabel akan diperbarui jikalau sumber data dalam tabel di Excel diperbarui, Match Destination Table Style and Link to Excel untuk membuka berkas Excel dari bagan atau tabel yang kamu salin ke Word, Paste as Picture untuk menempelkan tabel sebagai gambar statis yang tidak akan diperbarui saat data dalam tabel di file Excel diubah, Keep Source Formatting untuk memakai gaya tabel bawaan dari Microsoft Excel, Use Destination Theme untuk memakai (mengikuti) gaya tabel dari Microsoft Word atau Keep Text Only untuk menempel konten dari Excel tanpa format apapunSelesai! Bagan / tabel Excel yang kamu inginkan sudah tersalin di Word

3. Mengubah Excel ke Word dengan memakai Online Converter

Untuk mengubah Excel ke Word kamu juga bisa memakai konverter online yang tersedia di internet secara gratis, dan salah satu konverter online yang bisa kamu coba ialah Online2PDF.

Online2PDF merupakan alat yang mudah untuk menggabungkan file, mengekstrak halaman, memutar halaman pdf, mengompres pdf, dan mengubah file menjadi format yang berbeda. Terlebih lagi kamu bisa mengkonversi maksimum 100 halaman dengan ukuran file maksimum 50mb.

Nah berikut ini cara untuk mengubah Excel ke Word dengan memakai konverter online Online2PDF:

Buka situs Online2PDF di https://online2pdf.com/ pada browser kamu memakai komputer, laptop atau smartphoneLalu upload dokumen Excel yang ingin kamu ubah menjadi file Word pada kolom yang tersedia di laman online converterTunggu hingga proses convert selesaiSetelah prosesnya selesai, kamu bisa mengunduh dokumen baru tersebut dalam format Word ke dalam perangkat kamu

Itulah beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk mengubah Excel ke Word. Jadi dari beberapa cara diatas, mana yang menurut kamu paling muda digunakan untuk mengubah Excel ke Word? Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Comments